PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENUNJANG GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Tukino Paryono Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Baenil Huda Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Agustia Hananto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhammad Khaerudin Universitas Bhayangkara

DOI:

https://doi.org/10.35969/abdimas.v2i2.267

Keywords:

Google Classroom, Teachers, Powerpoint, Students, Learning Videos

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan di Desa Sukasari bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Guru dan Siswa dalam menggunakan aplikasi SMART School yang dilakukan pada tanggal 7 & 8 Juli 2022 dengan jumlah peserta sebanyak  23 Orang. Kegiatan Pengabdian dibagi menjadi dua tahap yaitu : Seminar dan Workshop dilakukan selama dua  hari dan Pendampingan dilakukan selama empat hari untuk mendampingi guru dalam menyiapkan materi ajar, Latihan Soal, Penggunaan  Google Classroom dan membuat Video pembelajaran sedangkan pendampingan terhadap Siswa untuk mengarahkan siswa dalam mencari materi ajar dan cara menyelesaikan tugas mandiri dalam bentuk Video youtube atau media lainnya yang disesuaikan dengan  gaya belajar siswa.

 Setelah kegiatan pendampingan, hasil karya  Guru dan Siswa  dalam bentuk PPT (17 buah) dan  Video youtube pembelajaran (21 buah). Hasil survei menunjukkan capaian keterampilan dalam membuat bahan presentasi menggunakan powerpoint (PPT), Membuat Video Youtube Pembelajaran dan Cara menggunakan fasilitas aplikasi Google Classroom setiap peserta mempunyai keterampilan yang berbeda-beda ( Sangat Kurang Terampil 7%, Kurang Terampil 17%, Terampil 46% dan Sangat Terampil 30%). Pencapaian Keterampilan guru dan siswa 76% dalam menggunakan powerpoint, membuat video youtube, dan menggunakan Google Classroom menunjukkan relevansi topik pengabdian dengan kebutuhan guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran online. Kedepannya dapat diadakan seminar dan workshop dengan memilih metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, R., Nugroho, W., & Himawati, D. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Online Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.31960/caradde.v4i1.878

Bakhri, A. S., Kunci, K., Informasi, T., Word, M., & Masyarakat, P. (2022). Abdimas : Sistem dan Teknologi Informasi PELATIHAN APLIKASI MICROSOFT WORD PADA SISWA KELAS XII SMK TEXAR KARAWANG. 01(02), 7–11.

Damayanti, E., Kantun, S., & Tiara, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Ambulu Jember. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 62–68. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.350

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533–541. https://doi.org/10.17977/um063v1i5p533-541

Kusumah, A. F., Bariyah, O., & Ramdhani, K. (2021). Penggunaan Google Classroom oleh Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemic Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2874–2885. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1011

Longa, A. E. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Ips 3 SMA Negeri 1 Maumere. Journal on Teacher Education, 2(2), 49–57.

Mulyono, S., Hidayati, N., & Abidin, Z. (2022). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Kemampuan Guru MGMP Bahasa Inggris dalam Membuat Video Pembelajaran. 5, 166–174.

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515

Nita, T. E., & Zahrotun, L. (2021). Penerapan Metode Single Linkage dengan Manhattan Distance Similarity dalam Mengelompokkan Trens Topik Kerja Praktik. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 5(1), 39. https://doi.org/10.30595/jrst.v5i1.9083

Nubatonis, O. E. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Bandicam dan Screencast O-Matic. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.255

Saifullah, S., & Akbar, B. M. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Google Classroom Bagi Guru Ma Raden Fatah Prambanan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 93. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1680

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Sulihin, S., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). Developing of Instructional Video Media to Improve Learning Quality and Student Motivation. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 4(2), 51–55. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/692/346

Sulistiani, H., Putra, A. D., Rahmanto, Y., Fahrizqi, E. B., & Setiawansyah, S. (2021). Pendampingan dan pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif dan video editing di SMKN 7 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 160–166. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/1375

Urbancová, H., Vrabcová, P., Hudáková, M., & Petrů, G. J. (2021). Effective training evaluation: The role of factors influencing the evaluation of effectiveness of employee training and development. Sustainability (Switzerland), 13(5), 1–14. https://doi.org/10.3390/su13052721

Downloads

Published

2022-12-28