SOSIALISASI TERHADAP ETIKA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI TINGKAT SMA

Authors

  • Yuliana Sangka STMIK Kreatindo Manokwari
  • Risma Petrus STMIK Kreatindo Manokwari
  • Imawati Leppang STMIK Kreatindo Manokwari
  • Yammes J. Batkunde STMIK Kreatindo Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.35969/abdimas.v3i1.294

Keywords:

Media; Social; Socialization; Senior High School

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang etika dalam menggunakan teknologi informasi dalam hal ini media social dan pemahaman tentang UU ITE  sehingga menyebabkan banyaknya kasus yang muncul seperti status dan komentar di facebook, twiter, instragram dan lain-lain yang menimbulkan pencemaran nama baik, penyebaran berita bohong serta penipuan secara online yang memaksa pelaku harus berurusan dengan hukum dan merugikan para korbannya. Untuk meminimalisir atau mengantisipasi terjadinya penyalagunaan media social di kalangan anak sekolah khususnya pada SMA Adven Manokwari, untuk itu perlu dilakukan sosialisasi tentang etika dalam menggunakan teknologi informasi dan memperkenalkan UU ITE. Langkah-langkah yang dilakukan pada kegiatan pengabdian ini melalui beberapa langkah yakni pre test, sosialisasi, post test dan evaluasi. Hasil dari kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan dapat dikatakan berhasil karena setelah dilakukan sosialisasi para siswa-siswi sudah lebih memahami etika penggunaan teknoloi informasi dan UU ITE dibanding sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diah Ayu Candraningrum, Widayatmoko, Budi Utami (2018) Etika dan Budaya Berinteraksi Di Media Sosial di SMA Warga Surakarta, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 1, No. 1, Mei 2018, Hal. 1-9

Elanda, A., Bakhri, A. S., Yudiana, & Rahayu, D. N. (2021). Abdimas : Sistem dan Teknologi Informasi Abdimas : Sistem dan Teknologi Informasi. Lppm Stmik Rosma, 01(01), 7–12.

Penggunaan, S., Sosial, M., Baik, S., Benar, D. A. N., Komonitas, K., Di, Y., Kecamatan, W., & Kendal, K. (2021). Laporan pengabdian kepada masyarakat.

Putri Faizatul Cholilah (2021), Etika Menggunakan Media Sosial Bagi Generasi Milenial, http://repository.untag-sby.ac.id/

Yasir, A., & Putri, E. E. (2020). INFORMASI DAN. 1. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i2.591

Yudi, P., Simanjuntak, H., Berlian, Surbakti, K., & Binaria. (2021). Sosialisasi Dampak Penyalahgunaan Media Sosial “Cyberbullying” Pada Kaum Muda Millenial Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik di UPT PSAR Tanjung Morawa. Jurnal Krida Cendekia, 01(02), 86–92.

Downloads

Published

2023-06-30