Peningkatan Minat Digital Marketing Bagi Siswa SMK Teknologi Karawang Melalui Pelatihan Adobe Photoshop

Authors

  • Lila Setiyani STMIK ROSMA
  • Femmy Effendy STMIK Rosma
  • Jajang Jajang STMIK Rosma
  • R. Mega Yulianto STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/abdimas.v1i1.90

Keywords:

Adobe Photoshop, Digital Marketing, Desain, Sekolah Manengah Kejuruan

Abstract

Edukasi tentang digital marketing pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) sangat penting. Mengingat, SMK difokuskan untuk siap kerja dan berwirausaha. Dengan memberikan edukasi digital marketing akan meningkatkan pemahaman serta kompetensi, sehingga siswa dapat siap terjun di masyarakat. Dalam konsep digital marketing didukung dengan pemahaman tentang konsep desain, yang merupakan tools untuk marketing. Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mendesain tools marketing yang berguna untuk implementasi digital marketing. Pada kegiatan ini, mitra SMK yang diundang untuk mengikuti pelatihan Adobe Photoshop adalah SMK TEKNOLOGI KARAWANG. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal siswa dalam implementasi digital marketing melalui pelatihan desain menggunakan adobe photoshop. Prosedur yang dilakukan pada kegiatan ini dimulai dengan pre-test, koordinasi dengan mitra, persiapan materi, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan(post-test). Kegiatan diikuti oleh 60 peserta yang berasala dari kelas XII. Hasil kegiatan ini dapat dinyatakan sukses, hal ini dapat diperlihatkan dari tingkat pemahaman dan produk desain yang dihasilkan. Implikasi dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman siswa tentang digital marketing dan penggunakan adobe photoshop sebagai aplikasi untuk medesain poster, flyer, dan lain – lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardian, Y. D., & Soepeno, B. (2018). Desain Katalog Produk Menggunakan Adobe Photoshop Cs6 Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Di Cv Bagus Agriseta Mandiri. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 407–410.

Ardiyatna, R., & Belakang, L. (2019). DESAIN e-CATALOG MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP CS3 SEBAGAI PENGEMBANGAN PROMOSI DI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA THREE BROTHER BLITAR. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(2), 549–552. Retrieved from http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/386

Dewi, M. S. (2012). PENGGUNAAN APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN EDITING FOTO BAGI ANAK TUNARUNGU. E-JUPEKhu, 1(2), S88–S91. https://doi.org/10.1002/ana.410230723

Haidar Rozsidhy, D., & Dwi Pribadi, J. (2018). Pembuatan E-Katalog Produk Di Facebook Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Aplikasi Paint Tool Sai Dan Adobe Photoshop Di Resto Ayam Bacem Bakar Gribig Malang. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4 Nomor:2,(1), 2–5.

Handayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189

Martono, D., Al Husain, A. H., & Iswara, D. (2018). Media Company Profile Berbentuk Desain Booklet Menggunakan Aplikasi Photoshop Cs5 Di Pt. Citra Surya Selaras Berbasis Multimedia. SENSI Journal, 4(2), 180–190. https://doi.org/10.33050/sensi.v4i2.644

Ramadhan, K. R. (2018). Flyer Sebagai Media Promosi Pada Usaha Pencucian. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, 351–355.

Ricardianto, P., Nasution, S., Naiborhu, M. A., & Triantoro, W. (2020). Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Pelabuhan Cerdas (Smart Port) Nasional di Masa Revolusi Industri 4.0. Warta Penelitian Perhubungan, 32(1), 59–66. https://doi.org/10.25104/warlit.v32i1.1524

Sahara, M., Indah, N., Heisa, P., Mulyani, S., & P, D. G. (2020). Pendampingan Ikm Dapur Za By di Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Supriyati, E. (2015). Finance, Empire and the British World. Jurnal SIMETRIS, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/03086534.2013.762151

Downloads

Published

2021-06-16