Peningkatan Kompetensi Lululsan Siswa Program Studi Teknik Komputer Jaringan SMK Rosma Karawang Melalui Pelatihan Development Aplikasi Game Android

Authors

  • Rahmat Gunawan STMIK Rosma
  • Rini Malfiany STMIK Rosma
  • Yahya Suherman STMIK Rosma
  • Meiniarti Meiniarti STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/abdimas.v1i1.99

Keywords:

android, development, game, sekolah menengah kejuruan

Abstract

Meningkatnya pengguna Android di masyarakat, mendorong industri untuk mengaplikasikan beberapa proses bisnisnya melalui aplikasi Android. Kesempatan ini, patut di ambil oleh kalangan pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan(SMK). SMK yang memiliki program pendidikan base komputer, setidaknya dapat mengaplikasikannya pada kurikulum . Namun, belum semua dapat mengimplementasikannya, hal ini dapat disebabkan karena minimnya spesifikasi komputer yang ada di sekolah, sehingga sulit untuk implementasi pembelajaran developer Android. Pelatihan Developer Game Android menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK. Pada kegiatan ini, mitra dari pelatihan developmen aplikasi game android adalah program studi Teknik Komputer Jaringan(TKJ) SMK ROSMA KARAWANG. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pamahaman dasar untuk membuat aplikasi game andorid, sehingga dapat mengembangkan kompetensi siswa prodi TKJ dan meningkatkan penyerapan lulusan SMK di Industri. Hasil dari kegiatan ini berupa produk aplikasi game android yang di kembangkan oleh peserta yang dapat di instal di mobile phone masing – masing peserta. Implikasi dari kegiatan ini adalah, meningkatkan minat belajar siswa dalam development aplikasi base android yang berdampak pada peningkatan kualitas lulusan prodi TKJ SMK ROSMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azima, M. F., & Laila, S. N. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Kamus Bahasa dan Aksara Lampung Dialek A dan Dialek O Berbasis Android. Teknika, 14(1), 21–29. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/2085

Egy Muhammad Rianof, Bambang P. Adhi, & Z.E. Ferdi F. Putra. (2020). Pengembangan Aplikasi M-Commerce Pada Toko Optik Menggunakan Android Studio. PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 4(2), 15–18. https://doi.org/10.21009/pinter.4.2.3

Ham, N., & Hafizah, A. (2021). SOROTAN PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN APLIKASI ANDROID JUZ ‘ AMMA VERSI BAHASA MELAYU DARI TAHUN 2016-2020 THE DEVELOPMENT OF JUZ ’ ‘ AMMA ANDROID APPLICATION IN MALAY LANGUAGE VERSION : AN OVERVIEW OF 2016 TO 2020 ADVANCEMENT. Journal of Ma’alim Al-Quran Wa Al-Sunnah, 17(1), 42–55.

Muchlis, N. F. (2020). Monitoring Keaktifan Mahasiswa Selama Perkuliahan Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Absensi Dan Penilaian Berbasis Mobile. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 350–359. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.59

Statcounter. (2021). Pengguna Mobile Phone. Retrieved June 9, 2021, from Statcounter website: https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia

Statista.com. (2021). Mobile Operating System. Retrieved June 9, 2021, from https://www.statista.com/statistics/262205/market-share-held-by-mobile-operating-systems-in-indonesia/

Wismantoro, Y., & Widiatmoko, K. (2021). Pendampingan Membangun Portal Aplikasi Android Gamelan Wirun untuk Memperluas Pasar Gamelan. Abdimasku, 4(2), 184–190.

Downloads

Published

2021-06-16