Perancangan Data Warehouse Sistem Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Online Analytical Processing (OLAP) di TK IT Mutiara

Authors

  • Qonita Azizah Pradita University
  • Masriah Masriah Pradita University
  • Wahyu Tisno Atmojo Pradita University

DOI:

https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v2i2.273

Keywords:

Data warehouse, OLAP, informasi

Abstract

Peningkatan jumlah siswa pada TK IT Mutiara membuat sekolah kesulitan dalam melakukan pengelolaan data pendaftaran sehingga harus membutuhkan waktu untuk mendapatkan informasi. Pembuatan aplikasi OnLine Analytical Processing (OLAP) Data Warehouse dapat membantu mengekstrak dan memudahkan dalam mencari informasi penting dari beberapa sistem informasi yang berbeda. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan teknik perolehan data wawancara dengan seorang narasumber di TK IT Mutiara dan studi pustaka melalui jurnal yang relevan dengan topik penulis dan juga menggunakan metode nine step Kimball. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem yang memudahkan kepala sekolah  untuk melakukan analisis terhadap data siswa baru menggunakan Aplikasi OLAP Data Warehouse. Hasil penelitian ini adalah terciptanya aplikasi OLAP Data Warehouse yang dapat memberikan kemudahan kepada kepala sekolah dalam melakukan analisis terhadap data siswa baru sehingga dapat membantu proses pengambilan keputusan, serta dapat menampilkan bentuk laporan yang mudah dibaca dan dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almeida, F. (2017). Concepts and Fundaments of Data Warehousing and. January.

Fitri Hardiyanti, A., Dava Ramadha, D., & Maulana Khosasih, A. (2019). Perancangan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Universitas Pamulang Menggunakan Data Warehouse Online Analytical Processing (OLAP). JURNAL ILMIAH FAKULTAS ILMU KOMPUTER, 8.

Furqon, M., & Nugraha, M. F. (2021). Perancangan Data Warehouse Sistem Pendaftaran Mahasiswa Menggunakan Online Analytical Procesing (OLAP) di Universitas Ma’soem. INTERNAL (Information System Journal, 4(1), 35–40. https://doi.org/10.32627

Hardiyanti, A. F., Ramadha, D. D., & Khosasih, A. M. (2019). Perancangan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Universitas Pamulang Menggunakan Data Warehouse Online Analytical Processing. 8, 41–47.

Hendrakusma, N., Setiawan, N. Y., & W, S. A. (2019). Data Warehouse (Tim UB Press, Ed.; Pertama). UB Press.

Prasetyowati, E. (2017). DATA MINING (Pengelompokan Data Untuk Informasi dan Evaluasi) (M. Afandi, Ed.). Duta Media Publishing.

Prastyo, D., & Supriyanto, A. (2021). ANALISA DAN PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DENGAN METODE NINE STEP KIMBALL DI PT SURGANYA MOTOR INDONESIA. Proceeding SENDIU.

Prihatin, N. (2013). Perancangan data warehouse calon mahasiswa baru politeknik negeri lhokseumawe. Jurnal Litek, 62–66.

Downloads

Published

2022-10-31