Rancang Bangun Aplikasi Arsip Surat Berbasis Web (Studi Kasus : Kecamatan TelukJambe Barat)

Authors

  • Darmansyah Darmansyah STMIK Rosma
  • Daniel Aldian STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v2i3.290

Keywords:

Arsip Surat; Phpmyadmin; Website

Abstract

Kecamatan Telukjambe Barat merupakan salah satu instansi dibawah naungan Pemerintah Kabupaten Karawang yang masih menggunakan sitem surat menyurat sebagai alat komunikasi resmi ataupun penugasan. Banyak jumlah surat masuk ataupun surat keluar di Kecamatan Telukjambe tentu saat ini sangat diperlukannya sebuah sistem yang dapat mempermudah dan membantu jalannya proses pengarsiapan surat. Pada Kecamatan Telukjambe Barat untuk pendataan surat ataupun pengarsipan surat masih dilakukan secara manual, terkadang disaat ingin mencari sebuah data surat dan surat yang sudah lama disimpan pada gudang atau kotak penyimpanan surat sulit untuk dicari karena sudah tertumpuk dengan surat-surat lainnya bahkan surat yang dicari sering hilang. Maka setelah melakukan analisa di Kecamatan Telukjambe Barat merencanakan untuk membuat sebuah Aplikasi/Website untuk menyimpan Data dengan baik dan aman. Sistem arsip surat yang dibuat akan menggunakan PHP Hypertext Prepocessor, PhpMyAdmin, dan MySql untuk pengelolaan Data yang diinput. Metode Penelitian ini menggunakan Metode DSRM yang terdiri dari 6 tahap yaitu Problem Identification and Motivation, Define the Objectives for a Solution, Design and Development, Demonstration, Evaluation, Communication. Untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah ini adalah membuat sistem Arsip Surat Berbasis Web untuk menyimpan Data surat dengan aman dan mudah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri Ayu and Nia Permatasari. (2018). perancangan sistem informasi pengolahan data PKL pada divisi humas PT pegadaian. Jurnal Infra Tech, 2(2), 12–26.

Hendri, A. H., & Mochammad Arief Sutisna. (2021). Article Desktop Based National Police Commission Activities Information System. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(1), 14–23. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i1.2393

Muhammad Amir Masruhim, R. S. T. D. (2016). Perancangan Aplikasi Kearsipan Surat Menyurat Pada Badan Pemerintahan. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, IV(April), 5–24.

Sitinjak Daniel Dido Jantce TJ, M., & Suwita, J. (2020). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang. Ipsikom, 8(1).

Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI E-VOTING PEMILIHAN KETUA UMUM HIMPUNAN MAHASISWA INFORMATIKA (HMTI) UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO BERBASIS WEBSITE. Akrab Juara, 5(1), 43–54.

Downloads

Published

2023-03-30

Most read articles by the same author(s)