Perancangan Sistem Informasi Quality Control Pada PT Sanly Industries Berbasis Web

Authors

  • Muhammad Rizki STMIK Rosma
  • Rini Malfiany STMIK Rosma

Keywords:

Sistem Informasi, Input Quality Control

Abstract

Pengelolaan data di PT Sanly Industries masih menggunakan sistem konvensional, yaitu menggunakan formulir manual untuk mencatat hasil laporan hasil quality control. Cara ini dinilai kurang efektif, karena quality control bekerja dalam menggabungkan data dari hasil laporan setiap dapartement, serta membuat presentase bahwa produk OK dan not good (NG). Maka dari itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam melakukan pengelolaan maupun pencarian data produk dilaporan tersebut. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitain ini adalah metode pengembangan sistem menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall. Dalam model tersebut mencakup tahapan analisis kebutuhan perangkat lunak yang terdiri dari observasi, wawancara/interview, studi pustaka, dan studi dokumentasi atas sistem yang berjalan. Tahapan selanjutnya adalah desain perangkat lunak dalam Tugas Akhir ini menggunakan MySQL, Flowchart, kamus data, Entity Relationship Diagram (ERD) dan Data Flow Diagram (DFD) untuk merancang suatu sistem yang diusulkan. Adapun hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah informasi lengkap tentang data produk supplier, data laporan quality control, presentase produk OK dan not good (NG) yang berjalan selama ini. Sehingga dapat memberikan solusi dan penemuan masalah untuk merancang sebuah sistem informasi input data quality control pada PT Sanly Industries berbasis web. Dengan adanya sistem informasi input data quality control berbasis web ini diharapkan dapat membantu bagian quality control dalam memudahkan melakukan pencarian data produk, penjumlahan kuantiti produk serta presentase secara keseluruhan dengan cepat, tepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Ahmad Juwaini 2017. Warrior Way, Panduan memperjuangkan impian menjadi nyata, Jakarta.

Basuki, Awan Pribadi. 2015. Membangun aplikasi PSB sekolah, Yogyakarta: Lokomedia.

Bunafit Nugroho, 2018. Aplikasi pemograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta

Cipta, Soffan Budi. 2012. Analisis Dan Perancansgan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Pada Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 2, ISSN.1411-3201..

Hamdani dan Andi Wawan Indrawan, 2015:9.

Gamaliel, Fritz. 2014. Super web programming 10 bahasa 10 proyek web, Yogyakarta : Lokomedia.

Lisyaniah, Khoirul, Bambang Hendiswara & Dadang Hermawan. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Persuratan Berbasis Web Pada STT POMOSDA. ISSN 1907-9044 No 01 Vol.13

M. Munjiati,., (2015). MANAJEMEN OPERASI: Strategi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif, GRAMASURYA, Yogyakarta.

Murya, Yosef. Hesananda, Rizky. 2014. Membuat web dengan bootstrap twitter 3 & PHP MySQL, Jakarta : Jasakom.

Nasution, Adnan Buyung, Ermayanti Astuti. (2017). Implementasi Sistem Informasi Quality Control Pada Proses Granit Tile Berbasis Web Studi Kasus PT. JUI SHIN INDONESIA). ISSN 2548-9712 Vol. 1 No. 2 Juli 2017

Politeknik Negri Sriwijaya

Sidik, Betha. 2012. Pemrograman web dengan PHP. Bandung : Informatika.

Sutabri, Tata. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Wati, Embun Fajar, Yunan Maulana Putra, Tuslaela. (2019). Sistem Informasi Quality Control (Siquit) Bahan Baku Produksi Pada PT SMART METER INDONESIA. ISNN 2598-8719 (Online), 2598-8700 (Printed) Vol. 3 No. 2 Mei 2019.

Winrno,Edy., dkk 2014 Politeknik Negri Sriwijaya.

Downloads

Published

2021-12-20