Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Persediaan Barang Berbasis Web Pada LKP Prisma Computer

Authors

  • Rahmat Gunawan STMIK Rosma
  • Rini Malfiany STMIK Rosma
  • Dwi Listiawati STMIK Rosma

Keywords:

Penjualan Barang, Persediaan Barang, SDLC Waterfall, Sistem Informasi

Abstract

Lembaga Keterampilan dan Pendidikan (LKP) juga merupakan salah satu cara untuk mendidik dan menghasilkan SDM yang merupakan salah satu unsur pendukung sistem pendidikan nasional. Selain Lembaga Keterampilan dan Pendidikan (LKP), Di LKP Prisma Computer pun menyediakan penjualan accessories dan perlengkapan computer dalam bentuk Hardware. Dalam proses pemasaran produk di Prisma Computer, ada beberapa keluhan dalam proses pemasaran produk terhambat oleh waktu untuk pengecekan persediaan data stock barang  yang tidak efektif dan efisien, sehingga menyulitkan bagi karyawan tersebut dalam pengecekan data stock barang, serta tidak tersedia nya rak-rak barang penjualan. Dan barang yang keluar tidak berdasarkan metode FIFO (First in First Out), barang yang dikeluarkan tidak berdasarkan barang yang terakhir disimpan dalam rak.   Perancangan serta analisis sistem yang dilakukan dalam laporan ini menggunakan metode SDLC waterfall. Hasil perancangan sistem ini diharapkan dapat membantu memfalisitasi pelanggan dalam proses pembelian produk serta dapat meningkatkan penjualan perusahaan, serta dengan perancangan dan pembuatan website ini dapat diimplentasikan dengan baik di perusahaan dan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan, N., & Mamonto, A. M. (2018). Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang Dagang Pada Perusahaan Hakasima Kota ternate. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, 1(1), 39–49. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v1i1.6

Dermawan, J., & Hartini, S. (2017). IMPLEMENTASI MODEL WATERFALL PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN NILAI MATA PELAJARAN BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR AL-AZHAR SYIFA BUDI JATIBENING. 19(2), 142–147. https://doi.org/10.1093/nq/s5-VII.159.37-a

Goffar, A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Islam. Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman, 7(1), 77–87.

Herlambang Brawijaya, Widodo, S., & Samudi. (2018). Pengujian Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang Dengan Web Application Load Stress and Performance Testing ( WAPT ). INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 2(2), 125–134.

Setiyani, L., & Tjandra, E. (2020). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE UNTUK PERPUSTAKAAN KAMPUS (STUDI KASUS : STMIK ROSMA KARAWANG). IJIS-Indonesia Journal on Information System, 5(2), 112–123.

Siringoringo, D. Y., Sihombing, V., & Masrizal. (2021). Sistem Informasi Penjualan Dan Persediaan Produk Peralatan Pertanian Berbasis Web. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 4(1), 54–59. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v4i1.232

Solikhin, I., Sobri, M., & Saputra, R. A. (2018). Sistem Informasi Pendataan Pengunjung Perpustakaan (Studi kasus : SMKN 1 PALEMBANG). Jurnal Ilmiah Betrik, 9(03), 140–151.

Downloads

Published

2021-12-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>