Analisis Pengaruh Kualitas Website Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 (Pikobar) Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0

Authors

  • Yudiana Yudiana STMIK Rosma
  • Femmy Effendy STMIK Rosma
  • Tri Ratnasari STMIK Rosma

Keywords:

COVID-19, PIKOBAR, PLS-SEM, Kepuasan Pengguna, Webqual 4.0

Abstract

COVID-19 (coronavirus disease 2019) merupakan virus yang menyebar di dunia. WHO telah menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global dan menghimbau untuk mengelola dari dam-paknya. Sebagai salah satu upaya mencegah dan mengatasi persebaran COVID-19, pemerintah Jawa Barat merilis website Pusat Informasi & Koordinasi Covid-19 (PIKOBAR). Seiring dengan berjalannya waktu, terdapat beberapa keluhan dari pengguna PIKOBAR. Oleh sebab itu perlu diadakan suatu penilaian untuk mengetahui kualitas website berdasarkan sudut pan-dang dari penggunanya. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai referensi untuk menge-tahui dan memperbaiki fitur website guna mempertahankan eksistensi website. Penelitian ini menggunakan metode WebQual 4.0 untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap kepuasan pengguna. yaitu dimensi kegunaan (usability), kualitas informasi (information quali-ty), kualitas layanan interaksi (service interaction quality), dan kepuasan pengguna (User Satis-faction) yang di sesuaikan dengan objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM (Partial Least Squares- Structural Equation Modeling) dan olah data menggunakan SmartPLS3.0. Berdasarkan dari survey 116 responden, memperoleh nilai r square 0,614. Hal ini mengindikasikan bahwa variabel usability, information quality,  dan service  interaction quality mampu menjelaskan variabel user  satisfaction sebesar  61,4%. Sedangkan  sisanya  yai-tu sebesar 38,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Hasil dari analisis dataterdapat 1 indikator webqual 4.0 yang perlu dilakukan perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hair, Joe F, Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152.

Hair, Joseph F, Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., & Thiele, K. O. (2017). Mirror, mirror on the wall: a comparative evaluation of composite-based structural equation modeling methods. Journal of the Academy of Marketing Science, 45(5), 616–632.

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2016). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications.

Hidayat, I., & Suryani, N. (2020). IMPLEMENTASI WEBQUAL 4.0 PADA WEBSITE CRM PLAZA TOYOTA TENDEAN. INTI Nusa Mandiri, 15(1), 1–8.

Irmayanti, A., Hidayat, R., & Rahmawati, E. (2021). Analisis Kualitas Website Kabupaten Lamandau Menggunakan Webqual 4.0. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(1), 1–6.

Latan, H. (2013). Model Persamaan Struktural Teori dan Implementasi AMOS 21.0. Bandung: Alfabeta.

Nofirman, N., Jalinus, N., & Irfan, D. (2019). Pengaruh Kualitas Website BPS Kab. Siak Terhadap Kepuasan Pengguna Website Menggunakan Metode Webqual 4.0. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 129–138.

Sarwono, J. (2012). Mengenal PLS-SEM. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Septa, F., & Umar, R. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Government Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Website Simsarpras Kementrian Agama). Methomika, 3(2), 127–135.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-09-29