Analisis Kepuasan Karyawan dan Pelanggan Aplikasi Gramedia Go Menggunakan Pendekatan Electronic Service Quality (E-Servqual)

Authors

  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • M Wahidin STMIK Rosma
  • Silvia Monika Ramli STMIK Rosma

Keywords:

E-service Quality, Gramedia Go, Kepuasan Pengguna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality terhadap para pengguna aplikasi Gramedia Go dengan metode kualitatif dan dengan teknik nonprobability purposive sampling. Penelitian ini memiliki responden yang terdiri dari 15 orang dan merupakan karyawan Sales Operation Attendant (SOA) di Gramedia World Karawang yang sudah pernah menggunakan aplikasi Gramedia Go sebagai sarana pemesanan produk yang tidak tersedia di toko. Metode peneltian yang digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna adalah e-service quality. Hasil perhitungan dengan SPSS pada penelitian ini membuktikan bahwa variable dimensi Reliability dan Information dari E-service quality berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, variable dimensi Responsiveness, Privacy & Security, Usability dan Web Design dari E-service Quality tidak berpenagruh terhadap kepuasan pelanggan, secara keseluruhan teori dimensi Usability memperoleh skor rata-rata terendah yaitu 53,5 lalu dimensi Responsiveness memiliki skor rata-rata tertinggi yaitu 62 dan tingkat kepuasan pelanggan pada analisis ini memperoleh skor 58,25 dengan persentase 77,66 % yang berarti kualitas layanan Gramedia Go ini sudah baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baum, D. (1999). E - Commerce.

Djuhartono, T., Suprapto, H. A., & Shahreza, D. (2017). Pendekatan Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Mobil. Sosio E-Kons, 9(2), 101. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i2.1940

Hevner, A. R., March, S. T., Park, J., & Ram, S. (2004). Design Science in Information Systems Research. MIS Quarterly, 28(1), 75–105. https://doi.org/10.2307/25148625

Ida, O. (2017). Pengertian E-Marketplace.

Neuman, W. . (2013). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (3rd ed.). Salemba Medika.

Raco, J. . (2013). Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Grasindo.

Riza, S., & Sutopo. (2017). Analisis Pengaruh E-Service Quality , Kualitas Informasi Dan Persepsi Kemudahan Terhadap E- Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 6, 1–13.

Setiyani, L., Effendy, F., & Slamet, A. A. (2021). Using Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) at Selected Private Technical High School: Google Drive Storage in E-Learning. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31849/utamax.v3i2.6746

Warjiyono, W., & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 139. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852666

Priatna, A., & Yusuf, A. M. (2020). PENGEMBANGAN INTEGRATED SYSTEM ARCHITECTURE DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM (Studi kasus : PT XWZ). Jurnal Interkom. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i2.82

Yusuf, A. M., Hasmizal, H., & Dini, N. (2021). Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb.Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.86

Yusuf, A. M., & Permana, B. (2019). Perencanaan Arsitektur Sistem Terintegrasi Dengan Menggunakan Togaf Adm (Studi Kasus: Yayasan Pendidikan Rosma). Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i1.44

Downloads

Published

2021-12-16