Aplikasi Pengelolan Piutang Berbasis Web Pada PT Nusa Surya Ciptadana Finance Cabang Telukjambe Karawang

Authors

  • Yeny Rostiani Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Rosma
  • Dea Vianissalam Agustin STMIK Rosma

Keywords:

Pengelolaan Piutang, MySQL Server, Web

Abstract

Piutang  merupakan bentuk penjualan yang dilakukan oleh suatu perusahaan  dimana pembayarannya tidak dilakukan secara tunai, tetapi sifatnya bertahap dimana  nilai jatuh tempo nya yang berasal dari penjualan barang jasa, atau dari pemberian peminjaman uang. Pengelolaan piutang merupakan salah satu cara mengantisipasi kecurangan dan mengantisipasi kemungkinan piutang tak tertagih. Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan laporan ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan model waterfall. Model ini merupakan sebuah pendekatan terhadap pengembangan perangkat lunak yang sistematik dengan beberapa tahapan, yaitu: Analisis, Desain, Implementasi, Pengujian dan Maintenance. Hasil Observasi pada PT Nusa Surya Ciptadana Finance menunjukan bahwa pengelolaan dan pencatatan masih ada yang menggunakan Microsoft Excel sehingga mengakibatkan belum maksimal dalam penggunannya, seperti  lamanya mencari data konsumen yang sudah jatuh tempo hal ini mengakibatkan terhambatnya penagihan kepada konsumen. Maka dari itu peneliti mengusulkan perancangan sistem menggunakan WEB dan MySQL Server sebagai database nya yang diharapkan dapat mempercepat seluruh proses yang berkaitan dengan piutang dan menimalisir permasalahan yang ada sehingga dapat menyajikan laporan dengan cepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayati, N., & Ramdhani, Y. (2020). ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN MODEL UTAUT (Studi Kasus: SMK MVP ARS Internasional). Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1).

Ind, K. S. T. (2015). A Simulation Model for the Spiral Software Development Life Cycle. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, 03(05), 3823–3830. https://doi.org/10.15680/ijircce.2015.0305013

Kristiyanto, D. Y., & Suhartono, B. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Web Dinamis Untuk Pemasaran Tanaman Hias Bonsai Pada Paguyuban Sekarsari. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS, 13(1), 26–38.

Kusumaratri, R. D., & Purwanto, P.-. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Pada Cv Menang Sentosa. Sistemasi, 9(2), 246. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i2.712

Mbae, I. (2015). Analisis Pengendalian Piutang Pada Pdam Kabupaten Poso. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2).

Panjaitan, V. (2021). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PIUTANG USAHA PADA PT AUSTINDO NUSANTARA JAYA AGRI MEDAN. JURNAL ILMIAH SP STINDO PROFESIONAL (S T I P R O), 7(1).

Sawitri, D., Lau, E. A., & Mardiana. (2016). Pengendalian Piutang Pada PT. Buana Raya Express Di Samarinda. Ekonomia, 5(3), 68–76.

Yani, D. H., & Ade, R. A. (2019). Analisis Pengendalian Intern Piutang dalam Meminimalisasi Piutang Tak Tertagih pada PT . Jalur Nugraha Ekakurir ( JNE ) cabang Medan. Jurnal Studi Manajemen, 1(1), 20–24.

Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2015, 3(1), 4-1–25.

Downloads

Published

2021-10-01

Most read articles by the same author(s)