Analisis Tingkat Penerimaan Merchant ShopeePay Di Karawang Menggunakan Pendekatan Technology Accetance Model (TAM)

Authors

  • M. Wahidin STMIK Rosma
  • Lila Setiyani STMIK Rosma
  • Abilio Alfredo STMIK Rosma

Keywords:

Mobile Payment, ShopeePay, Technology Acceptance Model (TAM)

Abstract

Kemajuan teknologi dalam bidang komunikasi Mobile telah memperluas jumlah klien telepon seluler, dan ini juga mempercepat perkembangan e-commerce. Di Indonesia banyak berbagai aplikasi mobile payment yang digunakan oleh masyarakat. Salah satunya aplikasi yang digunakan adalah ShopeePay yang berada di dalam aplikasi Shopee. Aplikasi Shopee Pay ada 2 jenis yaitu ShopeePay Saldo dan ShopeePay Bonus. ShopeePay Saldo digunakan untuk berbagai macam pembayaran yang telah bekerja sama dengan ShopeePay menjadi lebih cepat. loyalty rewards adalah ShopeePay Bonus  bagi yang melakukan transaksi dengan menggunakan ShopeePay cash di merchant-merchant rekan Shopee, Uraian diatas menarik penulis untuk meneliti tingkat penerimaan merchant Shopee pada pengguna ShopeePay di kota Karawang. Beberapa peneliti terdahulu mengungkapkan bahwa dalam mengukur tingkat penerimaan suatu teknologi dapat menggunakan pedekatan TAM (Technologi Acceptance Model). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis tingkat penerimaan merchant Shopee Pay pada aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data memalui pengisian form yang dilakukan secara online melalui media Google Form. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa persepsi kegunaan dan juga persepsi kemudahan penggunaan memiliki dampak yang positif terhadap penerimaan merchant Shopee Pay pada kota Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://help.shopee.co.id. (2018). Apa itu ShopeePay? Shopee. https://help.shopee.co.id/s/article/Apa-itu-ShopeePay

Karim, M. A. (2017). Pengaruh Penerimaan Sistem Pembayaran Go-Pay Menggunakan Tam (Technology Acceptance Model) Terhadap Intensitas Penggunaan Layanan Gojek Jurnal. Jurnal Penelitian.

Khakim, kharisma N., & Hadiprajitno, B. (2011). Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Software Akuntansi Myob Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model ( Tam ). Diponegoro University, 1–26.

Nugroho, P., Winarno, W. W., & Hartanto, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Mobile payment Dengan Pendekatan Extended The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Departemen Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, FT UGM, 226–233.

Purnama, R. A., & Ariyati, P. P. (2018). PENGARUH KREATIVITAS IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MATAHARI DEPARTEMEN STORE KOTA SUKABUMI. Jurnal Ekonomedia, 7(01), 1–8.

Setiyani, L., Effendy, F., & Slamet, A. A. (2021). Using Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) at Selected Private Technical High School: Google Drive Storage in E-Learning. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31849/utamax.v3i2.6746

Yudiana, Setiyani, L., & Effendy, F. (2021). ANALYSIS OF ACCEPTANCE LAYANAN TANGGAP KARAWANG APPLICATION ( TANGKAR ) USING TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODELS 3 ( TAM 3 ). The International Conference on Government Education Management and Tourism (ICoGEMT), 485–494.

Yulianto, S. E. (2011). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan E-Learning Dengan Model Tam Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jbti, II(1), 1–14.

Downloads

Published

2021-10-28

Most read articles by the same author(s)