Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi BCA Mobile Di Karawang Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Authors

  • M. Wahidin STMIK Rosma
  • Dudi Awalludin STMIK Rosma
  • Kevin Dennis STMIK Rosma

Keywords:

BCA, M-Banking, Technology Acceptance Model

Abstract

Saat ini, kemajuan aplikasi berbasis perangkat mobile dapat dikatakan sangat pesat. Hal ini membuat banyak aplikasi baru yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, salah satunya adalah aplikasi mobile banking. Sudah banyak aplikasi mobile banking yang tersedia di Indonesia, seperti Bank Mandiri dengan aplikasi Mandiri Mobile-nya, Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) dengan aplikasi BRImo-nya, Bank BCA (Bank Central Asia) dengan apikasi BCA Mobile-nya, dan masih banyak aplikasi mobile banking lainnya yang tersedia di Indonesia. Uraian diatas menarik penulis untuk meneliti tingkat penerimaan aplikasi BCA Mobile pada nasabah BCA di kota Karawang. Beberapa peneliti terdahulu mengungkapkan bahwa dalam mengukur tingkat penerimaan suatu teknologi dapat menggunakan pendekatan TAM (Technologi Acceptance Model), penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis tingkat penerimaan aplikasi BCA Mobile menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) di kota Karawang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui mengisian form yang dilakukan secara online melakui media Google Form. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Persepsi kegunaan dan juga Persepsi Kemudahan Pengguanaan memiliki dampak yang positif terhadap penerimaan aplikasi m-banking­ BCA Mobile di kota Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Devi, N. L. N. S., & Suartana, I. W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6(1), 167–184. http://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7797

Gunawan, F., Fauzi, M. A., & Adikara, P. P. (2017). Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Mobile Menggunakan Naive Bayes dan Normalisasi Kata Berbasis Levenshtein Distance (Studi Kasus Aplikasi BCA Mobile). Systemic: Information System and Informatics Journal, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.29080/systemic.v3i2.234

Permana, P. A. (2018). Analisis Technology Acceptance Model ( TAM ) pada Sistem Informasi KIPEM ( Studi Kasus : Banjar Delodpasar , Desa Blahkiuh Bali ). Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(4), 28–37.

Prakarsa, G. (2019). Analisis Faktor-faktor Penerimaan Konsumen Pada Aplikasi E-Marketplace Lazada Menggunakan TAM. Sainteks: Jurnal Sains Dan Teknik, 1(2), 104–116. https://doi.org/10.37577/sainteks.v1i2.132

Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. (2017). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20

Setiyani, L., Effendy, F., & Slamet, A. A. (2021). Using Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) at Selected Private Technical High School: Google Drive Storage in E-Learning. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31849/utamax.v3i2.6746

Trihandayani, A., & Abdillah, L. A. (2019). Analisis Penerimaan Pengguna dalam Memanfaatkan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Bina Darma Conference Computer Science (BDCCS2019), 2214–2221. http://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/download/473/412

Downloads

Published

2021-11-11