Komputerisasi Akuntansi Persediaan Alat Tulis Kantor Berbasis VBA Excel (Visual Basic For Application) Pada CV Fokus Etania Zashika Karawang

Authors

  • Arif Maulana Yusuf STMIK Rosma
  • Indaryono Indaryono STMIK Rosma
  • Seruni Andrasari STMIK Rosma

Keywords:

ATK, Persediaan, VBA Excel (Visual Basic For Application)

Abstract

Persediaan alat tulis kantor (ATK) berperan sangat penting untuk berjalannya kegiatan operasional pada perusahaan. Persediaan yang sudah ditentukan dengan perhitungan sesuai kebutuhan guna memenuhi kebutuhan karyawan untuk kelancaran proses kerjanya. Sistem pengelolahan persediaan barang ATK pada CV Focus Etania Zashika sudah terkomputerisasi, namun masih terdapat kekurangan dalam proses penginputan data dan pembuatan laporan yang masih menggunakan Microsoft Excel sehingga menyebabkan belum terkontrolnya stok persediaan ATK, sering terjadinya kesalahan dan penyajian laporan yang tidak tepat waktu dan kurang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sebuah program aplikasi pengelolaan persediaan ATK dengan menggunakan VBA Excel (Visual Basic for Application). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SDLC (System Development Life Cycle) dengan model pendekatan air terjun (Waterfall). Hasil dari penelitian ini adalah penulis telah merancang sistem program aplikasi pengelolaan persediaan barang ATK berbasis  VBA Excel (Visual Basic For Application) yang semula masih dilakukan secara manual hanya menggunalan Microsoft Excel. Dengan adanya sistem aplikasi pengelolaan persediaan barang ATK berbasis  VBA Excel (Visual Basic For Application) ini, maka diharapkan dapat mempermudah admin/user dalam proses penginputan data barang, pencarian data barang dan dalam menyajikan laporan persediaan barang ATK dapat dilakukan dengan cepat dan akurat sehingga lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., & Karima, inna sabily. (2019). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Management Inventaris Kantor Pada Divisi General Affairs. Ensiklopedia of Journal, 1(3), 132–140.

Kuryanti, S. J. (2016). Rancang Bangun Sistem E-Learning sebagai Sarana Pemberlajaran Sandra. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(1), 84–92. https://doi.org/10.1089/pho.2010.2784

Prihatiningsih, E. (2018). Analisis akuntansi persediaan pada toko kencana samarinda. 14(2).

Salangka, E. (2013). Penerapan Akuntansi Persediaan Untuk Perencanaan Dan Pengendalian Lpg Pada PT. Emigas Sejahtera Minahasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1120–1128.

Saputri, Z. R., Oktavia, A. N., Ramdhani, L. S., & Suherman, A. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web Pada Cafe Surabiku. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(1), 66–77. https://doi.org/10.34010/jati.v9i1.1378

Setiyani, L., & Tjandra, E. (2020). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE UNTUK PERPUSTAKAAN KAMPUS (STUDI KASUS : STMIK ROSMA KARAWANG). IJIS-Indonesia Journal on Information System, 5(2), 112–123.

Sukamto, Rosa A dan M. Salahuddin, 2013. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Penerbit Informatika. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Penerbit Informatika.

Wahyuni, N., Jasticia, M. I. A., & Fitria Mardiana Nugraha. (2018). Analisis Perbandingan Sistem Data Pokok Pendidikan ( Dapodik ) Tingkat Smk. Jurnal Sistem Informasi, 1(2).

William, N., Palit, H., & Dewi, L. P. (2016). Sistem Administrasi dan Layanan Pelanggan Berbasis Web dan Android Mobile untuk Kursus Bahasa Mandarin X. Jurnal Infra, 4(2), 1–5.

Downloads

Published

2021-11-25

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>