Analisis Kesuksesan Implementasi E-Learning STMIK Rosma di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan DeLone and McLean IS Success Model
Keywords:
Covid-19, DeLone and McLean, E-LearningAbstract
Pada awal tahun 2020, dunia dilanda pandemi covid-19 yang berdampak pada sektor pendidikan. Akibatnya, sekolah hingga perguruan tinggi diliburkan. Alternatif pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh (Online). STMIK Rosma merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengimplementasikan program pembelajaran jarak jauh tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui kesuksesan implementasi E-Learning STMIK Rosma di masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesuksesan implementasi E-Learning STMIK Rosma. Pada penelitian ini, dilakukan analisis terhadap faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kesuksesan implementasi E-Learning STMIK Rosma di masa pandemi covid-19 menggunakan DeLone and McLean IS Success Model. Pengujian ini terdiri dari enam variabel yakni System Quality, Information Quality, Service Quality, Intention to Use, User Satisfaction dan Net Benefits. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode Survey dengan menyebar Kusioner secara online. Partisipan yang terlibat yaitu mahasiswa STMIK Rosma, Populasinya tertuju pada mahasiswa program studi Teknik Informatika tahun angkatan 2017-2020 dan Sampel yang diperoleh sebanyak 46 Responden. Hasil peneletian dari kedelapan hipotesis yang diajukan terdapat enam hipotesis yang dapat diterima dan 2 yang dinyatakan tidak dapat diterima. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam kesuksesan implementasi E-Learning sebagai media pembelajaran jarak jauh (online) dan dapat dijadikan bahan referensi bagi peneliti selanjutnya.
Downloads
References
Avison, D., Fitzgerald, G., & Powell, P. (2007). Information System Journal: Editorial. Information Systems Journal, 17(3), 215–216. https://doi.org/10.1111/j.1365-2575.2007.00263.x
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information Systems Research, 3(1), 60–95. https://doi.org/10.1287/isre.3.1.60
Kustanti, S., Nugroho, H. A., & Hidayah, I. (2014). Analisis Critical Success Factors (CSFs) Implementasi E-Procurement di Kabupaten Probolinggo. Seminar Nasional Informatika, 1(Informatika), 24–31.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Setiyani, L., Effendy, F., & Slamet, A. A. (2021). Using Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) at Selected Private Technical High School: Google Drive Storage in E-Learning. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31849/utamax.v3i2.6746
Shukla, A., Kumar, S., & Singh, H. (2019). Fi rs t O nl in e P ub lic at io n Fi rs t O nl in ub lic at. https://doi.org/10.30701/ijc.946
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1
Yakubu, M. N., & Dasuki, S. I. (2018). Assessing eLearning systems success In Nigeria: An application of the Delone And Mclean information systems success model. Journal of Information Technology Education: Research, 17, 183–203. https://doi.org/10.28945/4077