Analisis Technology Acceptance Model dalam Menjelaskan Intensi Penggunaan Sistem E-Learning ada STIE STAN-IM Bandung

Authors

  • Asto Purwanto STMIK IM
  • Intan Pramesti Dewi STIE STAN-IM
  • Moch Ali Ramdhani STMIK IM

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.204

Keywords:

Perceived Usefulness, Attitude Toward Using, Be havioral Intention To Use, and Actual Usage System

Abstract

Kemudahan penggunaan yang dirasakan dan kegunaan yang dirasakan memiliki pengaruh pada sikap terhadap penggunaan, niat perilaku dalam penggunaan, dan penggunaan yang sebenarnya. Tujuan penelitian adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap terhadap niat menggunakan sistem e-learning, 2) untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan terhadap sikap terhadap niat penggunaan sistem e-learning. 3) untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan terhadap niat penggunaan sistem e-learning, 4) untuk mengetahui pengaruh sikap perilaku terhadap niat penggunaan sistem e-learning, 5) untuk menentukan pengaruh niat perilaku terhadap niat penggunaan aktual sistem e-learning, 6) Untuk mengetahui pengaruh niat perilaku terhadap niat penggunaan aktual penggunaan e-learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sehingga metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan verifikatif. Hasil pengujian validitas konstruk endogen yaitu Perceived Ease of Use (PEOU) dan konstruk endogen meliputi Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATU), Behavioral Intention To Use (BIUS) dan Actual Usage System (AU). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik SEM dengan AMOS, untuk pengujiannya; pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap manfaat yang dirasakan terhadap niat penggunaan sistem e-learning, pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap terhadap niat penggunaan sistem e-learning, dampak persepsi kegunaan terhadap sikap terhadap pengaruh niat penggunaan sistem e-learning, pengaruh persepsi kegunaan dari niat perilaku penggunaan sistem e-learning, pengaruh sikap terhadap niat penggunaan sistem e-learning, pengaruh niat perilaku untuk menggunakan sistem e-learning, pengaruh niat penggunaan sistem e-learning penggunaan aktual dari niat penggunaan sistem e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Davis, F.D.,. 1989. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology”. MIS Quarterly, Vol 13. No 3. pp 319-339.

Fleisch, E., Weinberger, M., & Wortmann, F. 2015. Business models and the internet

of things. In Interoperability and Open-Source Solutions for the Internet of

Things (pp. 6-10). Springer, Cham.

Huda, M. Q., Hidayah, N. A., & Putra, S. J. 2016. A study of social technology

use in State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. In Cyber and IT

Service Management, International Conference on (pp. 1-6). IEEE.

https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

Husein, Umar. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Titis Widyastuti. 2008. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Pengaplikasian Layanan Mobile Banking. Skripsi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-05-21