Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Manajemen SMAN 5 Karawang (AMS5K) Di SMAN 5 Karawang Menggunakan Webqual
DOI:
https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.209Keywords:
AMS5K, Webqual, Kuantitatif, Kepuasan PenggunaAbstract
Aplikasi AMS5K adalah sistem presensi berbasis web yang menjadi salah satu sumber utama dalam pencatatan kehadiran Peserta didik, Tenaga Pendidik dan Kependidikan (PTK). Dalam aplikasi AMS5K terdapat beberapa data yang dikelola mengenai Laporan Presensi dan keamanan informasi data, personalisasi dan komunikasi dengan pimpinan atau admin Aplikasi AMS5K. Data atau informasi yang dihasilkan, dipengaruhi oleh kualitas dari aplikasi AMS5K itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi AMS5K menggunakan metode Webqual di SMAN 5 Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisoner dengan angket, wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kemudahan pengguna (usability), kualitas informasi (information quality) dan kualitas layanan interaksi (service interaction quality) pada aplikasi AMS5K berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Downloads
References
Claudia, E., Azizah, I., Aryadita, H., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Kualitas Website Forum Diskusi Online Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus Pada Website Dictio). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8), 2549–2559. http://j-ptiik.ub.ac.id
Faza, A., & Utomo, A. P. (2021). Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 88. https://doi.org/10.33365/JTK.V15I2.1155
Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro Dan Telekomunikasi Terapan, 4(1), 477. https://doi.org/10.25124/jett.v4i1.994
Metode, P., Terhadap, W., Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya the Impact of Webqual 4 . 0 Method Towards User. Jurnal Elektro Dan Telekomunikasi Terapan, 477–484.
Pahlevi, R., Tri, I., Wijaksana, S., & Sos, M. S. (2018). Analisis Kualitas Website Malesbanget.com dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. EProceedings of Management, 5(2), 2524–2530.
Pamungkas, R. A. (2019). Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa). Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 12. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.220
Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2). https://doi.org/10.18196/MB.9262
Setiyani, L., & Yeny Rostiani. (2021). Analysis of E-Commerce Adoption by SMEs Using the Technology - Organization - Environment (TOE) Model: A Case Study in Karawang, Indonesia. International Journal of Science, Technology & Management, 2(4), 1113–1132. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i4.246
Siallagan, A. (2021). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. In Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota (Vol. 1, Issue 3).
Sudradjat, A., Selviana, & Widiati, W. (2020). Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia. Information System for Educators and Professionals, 5(1), 21–30.
Winarti, & Munggaran, L. C. (2014). Pengukuran Kualitas Situs Perguruan Tinggi Dari Sudut Pandang Pemakai Dengan Menggunakan WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Universitas Gunadarma, 6–14.
Sadiah, J., Indaryono, I., & Yusuf, A. M. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Berbasis Vb.Net Pada PT BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) SANGGABUANA AGUNG KARAWANG. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i4.80
Yusuf, A. M., Hasmizal, H., & Dini, N. (2021). Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb.Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.86