Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Manajemen SMAN 5 Karawang (AMS5K) Di SMAN 5 Karawang Menggunakan Webqual

Authors

  • Insan Sirnajaya STMIK Rosma
  • Arif Maulana Yusuf STMIK Rosma
  • Yudiana Yudiana STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.209

Keywords:

AMS5K, Webqual, Kuantitatif, Kepuasan Pengguna

Abstract

Aplikasi  AMS5K  adalah  sistem presensi berbasis web  yang  menjadi  salah  satu  sumber  utama  dalam pencatatan kehadiran Peserta didik, Tenaga Pendidik dan Kependidikan (PTK). Dalam aplikasi AMS5K terdapat beberapa data yang dikelola mengenai Laporan Presensi dan keamanan informasi data, personalisasi dan komunikasi dengan pimpinan atau admin Aplikasi AMS5K. Data atau informasi yang dihasilkan, dipengaruhi oleh kualitas dari aplikasi AMS5K itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi AMS5K menggunakan metode Webqual di SMAN 5 Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif,  dengan  teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  kuisoner dengan angket, wawancara dan observasi.  Dari  hasil  penelitian  ini memperlihatkan  bahwa  kemudahan  pengguna  (usability),  kualitas  informasi  (information  quality)  dan  kualitas layanan interaksi (service interaction quality) pada aplikasi AMS5K berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Claudia, E., Azizah, I., Aryadita, H., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Kualitas Website Forum Diskusi Online Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus Pada Website Dictio). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8), 2549–2559. http://j-ptiik.ub.ac.id

Faza, A., & Utomo, A. P. (2021). Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 88. https://doi.org/10.33365/JTK.V15I2.1155

Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro Dan Telekomunikasi Terapan, 4(1), 477. https://doi.org/10.25124/jett.v4i1.994

Metode, P., Terhadap, W., Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya the Impact of Webqual 4 . 0 Method Towards User. Jurnal Elektro Dan Telekomunikasi Terapan, 477–484.

Pahlevi, R., Tri, I., Wijaksana, S., & Sos, M. S. (2018). Analisis Kualitas Website Malesbanget.com dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. EProceedings of Management, 5(2), 2524–2530.

Pamungkas, R. A. (2019). Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa). Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 12. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.220

Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2). https://doi.org/10.18196/MB.9262

Setiyani, L., & Yeny Rostiani. (2021). Analysis of E-Commerce Adoption by SMEs Using the Technology - Organization - Environment (TOE) Model: A Case Study in Karawang, Indonesia. International Journal of Science, Technology & Management, 2(4), 1113–1132. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i4.246

Siallagan, A. (2021). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. In Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota (Vol. 1, Issue 3).

Sudradjat, A., Selviana, & Widiati, W. (2020). Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia. Information System for Educators and Professionals, 5(1), 21–30.

Winarti, & Munggaran, L. C. (2014). Pengukuran Kualitas Situs Perguruan Tinggi Dari Sudut Pandang Pemakai Dengan Menggunakan WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Universitas Gunadarma, 6–14.

Sadiah, J., Indaryono, I., & Yusuf, A. M. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Berbasis Vb.Net Pada PT BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) SANGGABUANA AGUNG KARAWANG. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i4.80

Yusuf, A. M., Hasmizal, H., & Dini, N. (2021). Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb.Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.86

Downloads

Published

2022-05-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>