Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Obat Pada UPTD Puskesmas Lemahduhur Berbasis Visual Basic.Net

Authors

  • Firda Nur Hemalia STMIK Rosma
  • Donny Apdian STMIK Rosma
  • Yeny Rostiani STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.215

Keywords:

Persediaan Obat, Visual Studio 2010 (VB.Net), Database

Abstract

UPTD Puskesmas Lemahduhur merupakan suatu instansi yang bergerak pada bidang kesehatan pelayanan masyarakat dan berhubungan dengan penggunaan obat. Aktivitas yang sering dilakukan pada unit apotek UPTD Puskesmas Lemahduhur yaitu berupa sistem pencatatan penerimaan obat, pemakaian obat, dan permintaan obat. Sistem yang berjalan saat ini pada puskesmas lemahduhur sudah menggunakan dan memanfaatkan Microsoft Excel. Namun hal ini masih dianggap kurang efektif karena Microsoft Excel masih banyak kekurangan. Masalah yang dihadapi di UPTD Puskesmas Lemahduhur yaitu obat yang ada di gudang sering kali kehabisan atau bahkan berlebihan, sehingga menyebabkan banyak obat yang kadaluarsa. Maka untuk itu UPTD Puskesmas Lemahduhur dalam pencatatan persediaan obat diusulkan menggunakan metode persediaan perspetual, dan untuk melakukan sistem pengelolaan serta pengambilan obat pada UPTD Puskesmas Lemahduhur disarankan menggunakan metode FIFO (First In First Out). untuk meningkatkan proses bisnis yang berbasis FIFO maka perlu disusun sistem informasi yang dapat digunakan oleh UPTD. Penelitian ini menggunakan pendekatan DSRM (Design Science Research Methodology). Dengan adanya penerapan sistem ini diharapkan akan bermanfaat bagi instansi dalam operasionalnya di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adibah, S. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Obat Menggunakan Metode Fifo Perpetual pada UPTD Puskesmas Brangsong 02. Kompak, 10, 27–32.

Fernando, E., Surjandy, Meyliana, & Siagian, P. (2020). Desain Sistem Pengenalan Varietas Bibit Tanaman Kelapa Sawit Dengan Pendekatan Design Science Research Methodology ( Dsrm ) Design System of Palm Oil Plant Variety Recognition Using Design Science Research Methodology ( Dsrm ) Approach. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(2). https://doi.org/10.25126/jtiik.202071456

Gunawan, R., Yudiana, & Apriansyah, W. Y. (2021). Rancang Bangun Company Profile Kebab Ben’s Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Dirgamaya: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 01(02).

Kartika, D., Sewu, P. L. S., & W., R. (2017). Pelayanan Kesehatan Tradisional Dan Perlindungan Hukum Bagi Pasien. Soepra, 2(1), 1. https://doi.org/10.24167/shk.v2i1.805

Maji, B. (2015). Landasan Teori Akuntansi Persediaan,Universitas Muhammadiyah Semarang. 14, 8–34.

Rosmania, F. A., & Supriyanto, S. (2015). ANALISIS PENGELOLAAN OBAT SEBAGAI DASAR PENGENDALIAN SAFETY STOCK PADA STAGNANT DAN STOCKOUTOBAT. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 3(1).

Setiyani, L. (2021). Desain Sistem : Use Case Diagram Pendahuluan. Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi 2021, September, 246–260.

Yusuf, A. M., Hasmizal, H., & Dini, N. (2021). Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb.Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.86

Downloads

Published

2022-05-21

Most read articles by the same author(s)