Analisis Strategi Mengembangkan Digital Freelance di Tengah Era Pandemi Covid-19 menggunakan Metode Analisis SWOT

Authors

  • Nurul Widiawati Retno Setiawan STMIK Rosma
  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • Dudi Awalludin STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.217

Keywords:

Digital Freelance, Covid-19, SWOT, Strategi

Abstract

Seiring dengan perkembangan internet membuat segalanya menjadi lebih efisien. Salah satunya dalam hal mencari pekerjaan. Berkembangnya teknologi juga berkembang Corona virus yang pada Maret 2020 silam membuat Indonesia lumpuh diberbagai sektor, salah satunya perekonomian yang membuat banyaknya warga kehilangan pekerjaan. Hal ini menimbulkan banyak masalah baru dan juga terobosan baru, salah satunya digital freelance. Digital freelance sejak dahulu sudah ada yang menerapkannya, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 mendorong orang-orang untuk mencari pendapatan lain dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, banyaknya pelaku baru dalam dunia digital freelance juga menambah kesulitan dan persaingan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah-masalah dan pemecahan masalah dalam bentuk strategi mengembangkan untuk mereka yang ingin atau sudah terjun dalam dunia digital freelance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). Hasil penelitian ini adalah berupa strategi-strategi yang dapat diterapkan dalam dunia digital freelance selama atau sesudah pandemi Covid-19 atau situasi sejenis yang telah dirumuskan menggunakan matriks SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Mubarok. 2020. “Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat.” Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4(1): 26–37. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499.

Hendrawan, Henky. 2021. “Analisa SWOT Dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) Terhadap Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro – Bunda Culinary.” Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen) 7(2): 127–38.

Karundeng, Rivaldy Angelo, Gene Henfried Meyer Kapantow, and Theodora M. Katiandagho. 2021. “Pendapatan Pedagang Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Pasar Tanawangko Desa Borgo Kabupaten Minahasa.” Agri-Sosioekonomi 17(2): 373.

Kriswanto Remetwa, Michael Gerrits, Yusaq Tomo Ardianto, and Nanik Sisharini. 2018. “Analisis Strategi Dan Sistem Informasi Manajemen Dengan Menggunakan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) Pada Kantor Pos Malang 65100.” Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan 2(1): 38–45.

Maharani, Dewi, Fauriatun Helmiah, and Nurul Rahmadani. 2021. “Manfaat Menggunakan Internet Dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika 1(1): 1–7.

Raco, Jozef. 2018. “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya.”

Setiyani, Lila, Risnawati, and Evelyn Tjandra. 2022. “Application of Business Model Canvas at Thirty- One Collection Boutique.” International Journal Education and Computer Studies (IJECS) 2 2(May): 14–18.

Yesikasari, Lapisna Dhiyah, and Muhammad Aswad. 2022. “Strategi Pemasaran UMKM Peternakan Ayam Petelur Kabupaten Tulungagung Dengan Pendekatan Analisis SWOT.” 1(3): 225–39.

Downloads

Published

2022-05-21

Most read articles by the same author(s)