Rancang Bangun Aplikasi Pemeliharaan Battere Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Gardu Induk Parungmulya)

Authors

  • Hanif Setiaji STMIK Rosma
  • Rahmat Gunawan STMIK Rosma
  • Dhian Nur Rahayu STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.228

Keywords:

PT. PLN UPT Karawang, Battere, Web

Abstract

Penggunaan teknologi internet semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Internet dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisi informasi dan sebagai sarana komunikasi data. Gardu Induk Parunmulya adalah salah satu Gardu Induk PT. PLN UPT Karawang, pemeliharan battere dalam Gardu Induk Parungmulya sangat dibutuhkan untuk mengetahui situasi kondisi battere dalam setiap Gardu Induk PT. PLN UPT Karawang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sistem lama, dimana masih menggunakan pengisian manual dengan spreadsheet dan menggantikannya dengan merancang aplikasi berbasis Web. Metode dalam penelitian ini menggunakan Design Science Research Methode (DSRM) yaitu dengan langkah-langkah Identifikasi masalah, Identifikasi Objek dari solusi, Design dan pengembangan, Demontransi, Evaluasi dan Komunikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah diharapkan dalam pengolahan data pemeliharaan battere dapat terkoordinasikan dengan baik dan memudahkan dalam proses pemeliharaan battere serta dapat memberikan output berupa laporan yang dibutuhkan secara realtime.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arismunandar, R. W., & Hendarto, D. (2017). Rancang Bangun Sistem Pengisian Daya Perangkat Gadget Berbasis Panel Surya Sebagai Sumber Listrik Alternatif Di Fasilitas Umum. JuTEkS, 4(2), 46–53. http://ejournal.uika-bogor.ac.id

Hamid, R. M., Rizky, R., Amin, M., & Dharmawan, I. B. (2016). Rancang Bangun Charger Baterai Untuk Kebutuhan UMKM. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 4(2), 130. https://doi.org/10.32487/jtt.v4i2.175

Hutabalian, A. S. T. (2017). SISTEM INFORMASI POIN PENGHARGAAN, POIN PERTANGGUNGJAWABAN BERBASIS KESEPAKATAN DAN KESEPAHAMAN WARGA SMK PANGUDI LUHUR TARCISIUS SEMARANG. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Indriani, A., Supriyadi, WItanto, Y., & Anggraini, I. N. (2018). Perhitungan Konsumsi Energi Listrik untuk Habitat Budidaya Ikan Kerapu melalui Pengontrolan Kadar Salinitas, Kekeruhan, pH dan Temperatur Air. Seminar Internasional Nasional Inovasi, Teknologi Dan Aplikasi, 169–176.

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). PENGGUNAAN MULTIMEDIA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN. JURNAL IDAARAH, III(2), 194–204.

Setiyani, L. (2021). Desain Sistem : Use Case Diagram. Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi 2021, September, 246–260.

Teles, R. S., Handajadi, W., & Hani, S. (2015). PEMELIHARAAN TRANSFORMATOR DAYA 60 MVA DI GARDU INDUK BANTUL 150 KV DAN ANALISIS MINYAK TRANSFORMATOR DENGAN MENGGUNAKAN DISSOLVED GAS ANALYSIS (DGA). Jurnal Elektrikal, 2(1), 95–108.

Downloads

Published

2022-05-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>