Perancangan Aplikasi Penerimaan Calon Peserta Didik Baru Dengan Menggunakan Desain Thinking Pada SMK Perbankan Indonesia

Authors

  • Yugha Nanda Mukhandi STMIK Rosma
  • Karya Suhada STMIK Rosma
  • Rahmat Gunawan STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.248

Keywords:

Sistem Informasi, Waterfall, Penerimaan Calon Siswa Baru

Abstract

Pengolahan data penerimaan siswa baru di SMK Perbankan Indonesia masih dilakukan secara konvensional yaitu calon pendaftar harus datang langsung ke tempat pendaftaran kemudian mengisi formulir pendaftaran kemudian data-data pendaftaran dicatat pada buku-buku dan pembuatan laporan juga menggunakan rekap yang konvensional sehingga sering terjadinya hilangnya arsip serta waktu yang digunakan untuk membuat laporan memerlukan waktu yang sangat lama. Dengan adanya permasalahan tersebut maka perlu adanya sistem informasi penerimaan siswa baru yang online sehingga calon siswa tidak harus datang langsung ke tempat pendaftaran serta memudahkan petugas dalam pembuatan laporan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode pengembangan sistem waterfall, yaitu eksperimen untuk merancang sistem informasi penerimaaan siswa baru berbasis web yang dapat diakses melalui online. Sistem informasi penerimaan siswa baru ini dibangun dengan bahasa pemrograman HTML, PHP dan memanfaatkan database MySQL sebagai database server. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis Web sudah memiliki kemampuan memberikan kemudahan bagi calon siswa baru untuk memperoleh semua informasi tentang penerimaan siswa baru dan melakukan proses pendaftaran online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jumroni, Suwita, J., & Beby, T. (2021). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Pada Smk Gema Bangsa. JURNAL IPSIKOM, 9, 53–61.

Lukman, Sunoto, I., & Julizal. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI IURAN SEKOLAH SMK MEDICAL HIGH SCHOOL BERBASIS JAVA. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2021.

Moenir, A., & Yuliyanto, F. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Pada PT. Sinar Metrindo Perkasa (Simetri). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(2).

Rochman Abdur, Tullah Rahmat, R. A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Data Pasien di Klinik Aulia Medika Pasarkemis. Sisfotek Global, 9(1), 1–6.

Satyarini, M. D., Kasidi, & Widayati, S. (2022). DOKUMEN KELUARGA, MANFAAT dan CARA PENYIMPANANNYA di ERA DIGITAL. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 16–27.

Setiyani, L. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(1), 18–27. https://doi.org/10.35969/interkom.v13i1.41

Wardhana, W. G., Arwani, I., & Rahayudi, B. (2020). Implementasi Teknologi Restful Web Service Dalam Pengembangan Sistem Informasi Perekaman Prestasi Mahasiswa Berbasis Website (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(2), 680–689.

Downloads

Published

2022-05-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>