Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Bansos dan BLT Pada Dinas Sosial Kabupaten Karawang Berbasis VB.Net

Authors

  • Tristanty Tristanty STMIK Rosma
  • Donny Apdian STMIK Rosma
  • Yeny Rostiani STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.249

Keywords:

Dinas Sosial, Sistem Informasi, Design Science Research Method, Microsoft Visual Basic.Net

Abstract

Dinas Sosial Kabupaten Karawang merupakan instansi pemerintah kabupaten Karawang dalam bidang sosial kemasyarakatan. Selama melakukan observasi dari bulan September hingga Desember penulis melihat adanya dalam sebuah pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas bansos dan BLT saat ini masih menggunakan Microsoft Excel. Sehingga para pegawai Dinas Sosial Kabupaten Karawang sering terjadi kesalahan dalam membuat pencatatan sehingga hilangnya data. Tujuan peneliti untuk mengetahui apa saja kendala yang terjadi di Dinas Sosial Kabupaten Karawang terutama dalam sebuah pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas bansos dan BLT. sehingga peneliti merancang sebuah aplikasi sistem informasi menggunakan Microsoft Visual Basic.Net pada Dinas Sosial Kabupaten Karawang. Aplikasi merancang sistem informasi dengan merancang menggunakan Design Science Research Metodh (DSRM). Metodologi penelitian ini Perancangan dan Pengembangan Pada tahap perancangan yang dilakukan adalah merancang arsitektur jaringan komputer, merancang interface aplikasi. Berdasarkan penelitian dan adanya menggunakan Microsoft Visual Basic.Net. sehingga kedepannya para pegawai lebih mudah dan pencatatan yang akurat dan data tidak hilang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiifah, K. ’, Fira Azzahra, Z., & Anggoro, A. D. (2022). Analisis Teknik Entity Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review. Jurnal Intech, 3(1), 8–11.

Akbar, M., & Rahmanto, Y. (2020). DESAIN DATA WAREHOUSE PENJUALAN MENGGUNAKAN NINE STEP METHODOLOGY UNTUK BUSINESS INTELEGENCY. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 137–146. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.331

Dilson, & Suhery, L. (2016). Perancangan Sistem TLHP Kasus Pada Inspektorat Kota Padang. Riau Journal Of Computer Science, 2(1), 39–51.

Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurnia, I., & Firmansyah, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 13–23. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.78

Mahdiana, D. (2011). Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga Indonesia. Jurnal TELEMATIKA, 3(2), 36–43.

Setiyani, L. (2021). Desain Sistem : Use Case Diagram. Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi 2021, September, 246–260.

Downloads

Published

2022-05-21

Most read articles by the same author(s)