Analisis Keputusan Masyarakat Kabupaten Karawang Dalam Pembelian Makanan Menggunakan Layanan ShopeeFood Dengan Metode TAM

Authors

  • Wirda Qurrotuaini STMIK ROSMA
  • Apit Priatna STMIK ROSMA
  • Rini Malfiany STMIK ROSMA
  • Asep Samsul Bakhri STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.305

Keywords:

Keputusan,Shopee,ShopeeFood, Technology Acceptance Model

Abstract

Aplikasi Shopee merupakan salah satu aplikasi pelayanan jasa yang di khususkan untuk membantu kebutuhan – kebutuhan para konsumen. Tujuan penelitian ini ialah ingin mengetahui tingkat keputusan masyarakat Kab.Karawang terhadap salah satu fitur yang ada di Shopee yaitu Shopeefood serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong masyarakat terhadap keputusan pembelian makanan secara online. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif deksriptif. Penelitian ini menggunakan metode model TAM (Technology Acceptance Model). Hasil dan Pembahasan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelian makanan secara online masyarakat Kab. Karawang banyak yang memutuskan untuk menggunakan fitur shopeefood yang ada di aplikasi shopee. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t-statistik yang berpengaruh positif terhadap semua variable TAM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. E. Izzaty, B. Astuti, and N. Cholimah, “Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Makanan Dengan,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 5–24, 1967.

Y. Indriany, S. Hastuti, and D. Indrisetno P.V, “ANALISIS CITRA MEREK DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI MAKANAN ONLINE (Studi Kasus Pelanggan Aplikasi Go Food, Grab Food, Shopee Food),” J. Lentera Bisnis, vol. 11, no. 2, p. 205, 2022, doi: 10.34127/jrlab.v11i2.539.

M. K. Pembelian, “( Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang ),” 2010.

P. Studi, T. Informatika, S. Tinggi, M. Informatika, and D. A. N. Komputer, Analisis Tingkat Penerimaan Shopee Food pada Aplikasi Shopee menggunakan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) ( Studi Kasus : Pengguna Shopee Food di Karawang ) Analysis of Acceptance Level Of ShopeeFood on the Shopee App using the Method Technology. 2022.

S. Dwita Fania and D. Rahman Prehanto, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Pengguna Shopeefood pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode UTAUT,” Jeisbi, vol. 03, no. 03, p. 2022, 2022.

Z. R. Fitria, “Hubungan Citra Merek (Brand Image) Dengan Keputusan Membeli Kartu Simpati Pada Mahasiswa UIN Suska Riau,” J. Chem. Inf. Model., vol. 2, no. 9, pp. 11–23, 2014.

F. N. HADAWI, “Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam), Perceived Enjoyment, Dan Perceived Risk Terhadap Behavioral Intention …,” vol. 7, no. 2, pp. 104–114, 2021, doi: 10.9744/jmhot.7.2.104.

A. Purwanto, M. Asbari, and T. I. Santoso, “Analisis Data Penelitian Marketing: Perbandingan Hasil,” J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 2, no. 4, pp. 216–227, 2021.

D. Wibowo, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM”.

A. Andini and D. Surya, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening………… ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTER,” Sekol. Tinggi Ilmu Ekon. Indones., pp. 1–21, 2020.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)