PERANCANGAN UI/UX SISTEM PENCATATAN LIMBAH INDUSTRI NON B3 BERBASIS WEB PADA PT XYZ

Authors

  • Friska Juniar Kusumah STMIK ROSMA
  • Arif Maulana Yusuf STMIK ROSMA
  • Nansy Herina STMIK ROSMA
  • Jajang STMIK ROSMA

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.307

Keywords:

Laporan database, Limbah industri, dan Sistem akuntansi

Abstract

Limbah industri merupakan suatu sisa atau buangan dari hasil kegiatan industri. Limbah industri memiliki beberapa jenis, tergantung dari jenis produk industri yang dihasilkan. Ada limbah yang dibuang (limbah B3), ada pula limbah yang memang dicatat untuk dilakukan perhitungan dan dijual kembali untuk kepentingan perusahaan itu sendiri (Non B3). Pencatatan data limbah industri merupakan salah satu aktivitas kerja yang sangat penting dan merupakan asset bagi perusahaan, namu masalah yang timbul pada PT XYZ yaitu mengenai tentang pencatatan laporan data limbah hasil industri yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan cara tulis tangan dan menggunaka Microsoft Excel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perancangan UI/UX sistem pencatatan limbah industri non B3 berbasis web pada PT. XYZ. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu User Centered Design (UCD), meliputi identifikasi dan perencangan sistem. Identifikasi sistem meliputi identifikasi organisasi sistem yang berjalan, dan identifikasi masalah. Sedangkan perancangan sistem meliputi perancangan perhitungan, kamus data, dan database. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem pencatatan limbah industri berbasis web di PT XYZ yang diharapkan dapat memudahkan dalam hal pencatatan dan mengurangi masalah yang terjadi di perusahaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eugenia, M. P., Abdurrofi, M., Almahenzar, B., & Khoirunnisa, A. (2022). Pendekatan Metode User-Centered Design dan System Usability Scale dalam Redesain dan Evaluasi Antarmuka Website. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1). https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1454

Paramitha, A. (2018). Materi 4 - activity diagram. Materi 4 - Activity Diagram APSI - 2, 1(1).

Rosa A.S dan M. Shalahudin. (2015). Usecase Diagram. Contemporary Psychology: A Journal of Reviews, 1(4).

Sunarno, W. (2018). Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, November.

Syafitri, I. (2018). Pengertian Flowchart : Fungsi dan Simbol Flowchart [LENGKAP]. In Nesabamedia.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)