PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI DRW SKINCARE DENGAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

Authors

  • Risnawati Risnawati STMIK Rosma
  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • Rini Malfiany STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v4i1.382

Keywords:

Antarmuka Pengguna (UI), Pengalaman Pengguna (UX), Aplikasi Digital, DRW Skincare, Metode Design Thinking

Abstract

Perancangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang baik sangat krusial  untuk  kesuksesan  aplikasi  digital,  termasuk  aplikasi  DRW  Skincare.  Penelitian  ini menerapkan metode Design Thinking dalam pengembangan UI/UX untuk aplikasi DRW Skincare.  dengan  fokus  pada  solusi  dari  masalah  pengguna.  Design  Thinking  adalah pendekatan yang berpusat pada pengguna dan terdiri dari lima tahap: memahami, mendefinisikan, ideasi, membuat prototipe, dan pengujian. Penelitian ini diawali dengan memahami  kebutuhan dan  masalah  pengguna  melalui  wawancara  dan  survei.  Kemudian, masalah tersebut didefinisikan secara jelas untuk menentukan area fokus utama. Ide-ide kreatif dihasilkan melalui sesi brainstorming, menghasilkan berbagai konsep solusi. Konsep-konsep ini diwujudkan dalam bentuk prototipe yang diuji secara iteratif dengan pengguna akhir. Hasil penelitian ini adalah desain UI/UX yang lebih intuitif, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pengguna dengan aplikasi DRW Skincare

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. C. Laudon and J. P. Laudon, Manajemen Information System: Managing the Digital Firm.

M. E. F. Thanos and C. C. G. Dizon, “Digital Marketing Communication Strategy for Acnes

Skincare Products,” Ultimacomm, vol. 15, no. 1, pp. 140–153, 2023.

J. J. Garrett, The Elements of User Experience. User Centered Design for the Web and Beyond

nd Ed [New Riders, 2011] | Dilson José Lins Rabêlo Júnior - Academia.edu. 2011. [Online]. Available: https://www.academia.edu/35348979/The_Elements_of_User_Experience_User_Centered_Desig n_for_the_Web_and_Beyond_2nd_Ed_New_Riders_2011_

M. F. Chandra, “Increasing Thunderplugs’ Website Effectiveness by Improving Website Design and Usability,” Publication.Petra.Ac.Id, no. February, pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: www.thunderplugs.com

P. Widyaningsih, “Desain Aplikasi Knowledge Management System untuk Mendukung Kinerja Lembaga Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menggunakan Pendekatan User Centered Design (Studi Kasus LPJM STMIK Duta Bangsa Surakarta),” J. Duta.com., vol. 7, no. 2, pp. 15–35, 2014, [Online]. Available: https://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/588

I. F. (Imanuel) Lawalata, A. (Adi) Wibowo, and A. (Alexander) Setiawan, “Perancangan Dan Pembuatan Website Pada Komunitas Discerning Universitas Kristen Petra,” J. Infra, vol. 2, no. 1, p. 103042, 2014, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/103042/

D. N. Cunong, M. Saputra, and W. Puspitasari, “ANALYSIS OF OROS MODELER DATA REPORTING PROCESS TO SAP HANA IN ACTIVITY BASED COSTING FOR INDONESIA TELECOMMUNICATION INDUSTRY,” vol. 7, no. 1, 2020.

E. B. Wagiu, “Pemodelan Proses Bisnis Dengan Bpmn (Studi Kasus: Departemen Procurement

Universitas Advent Indonesia) Business Process Modeling With Bpmn.

Downloads

Published

2024-07-31

Most read articles by the same author(s)