Pemodelan Sistem Informasi Penjualan Produk Lunch Box Pada PT Kecima

Authors

  • Kokom Komalasari STMIK Rosma
  • Dudi Awalludin STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v17i3.266

Keywords:

System, Information, Sales, Product, Modelling

Abstract

Perkembangan teknologi komputer saat ini semakin pesat dimana seluruh kegiatan mulai dari hal yang terkecil hingga yang besar sudah menggunakan teknologi komputer. PT KECIMA sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi dan memasarkan Lunch Box (PS Food Containers) berbahan baku plastik. Bahwa pemasaran dan penjualan lunch box selama ini terlihat berjalan dengan baik. Namun berdasarkan pengamatan masih terdapat adanya kendala-kendala atau permasalahan dalam pengelolaan pemasaran dan penjualan tersebut, antara lain adanya kesulitan dalam permintaan barang. Data dan informasi pelanggan sulit diperoleh dalam waktu singkat. Akibat dari permasalahan tersebut akan membawa dampak bagi perusahaan. Metodologi penelitian yang dipergunakan adalah System development life cycle (SDLC) adalah salah satu metode pengembangan sistem informasi yang popular pada saat sistem informasi pertama kali dikembangkan. Sedangkan Model SDLC yang dipergunakan adalah Model Waterfall tahapan yang dipaparkan pada penelitian ini adalah tahapan pemodelan Sistem yang berjalan dengan menggunakan Flow of Document dan tahapan perancangan sistem menggunakan Business Process Modelling dan Notation (BPMN), Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Realitionship Diagram (ERD). Tujuan penelitian memberikan alternative media promosi dan mempermudah penjualan produk dalam hal pemesanan produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. bahasa Indonesia, “Kotak Makan,” id.wikipedia.org, 2020. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Kotak_makan. [Accessed: 03-Oct-2022].

P. R. A. Yudi Permana, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Mengunakan Metode SDLC Pada PT. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile,” SIGMA, vol. 84, no. 10, 2019.

R. F. Ahmad and N. Hasti, “Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web,” J. Teknol. dan Inf., vol. 8, no. 1, 2018, doi: 10.34010/jati.v8i1.911.

H. I. T. Simamora, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan CV Mitra Tani Menggunakan Metode Prototype,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.552.

M. Sayyid, “Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi,” Pemasar. Bisnis, vol. 168, 2020.

I. A. M. & W. W. Winarno, “Evaluasi Tingkat Pengguna Sistem Informasi Cyber Campus(Sicyca) Dengan Model Delone Dan Mclean,” St Ay, 2013.

D. Awalludin, N. Maulani, and D. R. Ramadhani, “Pemodelan Sistem Informasi Pengelolaan Laundry,” Interkom, vol. 17, no. 02, pp. 106–118, 2022, doi: https://doi.org/10.35969/interkom.v17i2.238.

M. S. Rosa A.S, Model Waterfall. Bandung: Bandung Informatika, 2016.

H. B. Saputri, F. Fahrullah, and R. Riyayatsyah, “Aplikasi Buku Register Perkara di Unit Reskrim Polsek Marangkayu,” remik, vol. 6, no. 1, 2021, doi: 10.33395/remik.v6i1.11193.

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

[1]
K. Komalasari and Dudi Awalludin, “Pemodelan Sistem Informasi Penjualan Produk Lunch Box Pada PT Kecima”, interkom, vol. 17, no. 3, pp. 156–166, Oct. 2022.