Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang

Authors

  • Muhamad Tabrani STMIK Nusa Mandiri
  • Insan Rezqy Aghniya STMIK Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v14i1.46

Keywords:

koperasi, Program Simpan Pinjam, Waterfall

Abstract

Manfaat koperasi saat ini sangat dirasakan masyarakat selain membantu perekonomian para anggota koperasi tentunya dapat membantu masyarakat umum disekitar koperasi, Saat Koperasi Subur jaya Mandiri Subang dalam melaksanakan proses berjalan kegiataan koperasi masih secara manual proses administrasi pendataannya masih dicatat menggunakan buku besar sehingga masih terdapat data-data yang belum dimasukkan maupun hilang dan koperasi ini tidak memiliki kartu anggota sehingga ketika anggota koperasi ini hendak menyimpan dan meminjam, pengurus koperasi harus mengecek terlebih dahulu data anggota di buku pendaftaran anggota. Maka dari itu diperlukannya program penunjang koperasi ini agar lebih memudahkkan dan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam penginputan data anggota maupun data transaksi yang sedang dilakukan. Program simpan pinjam ini dapat mendata anggota, mendata user, mendata transaksi pengembalian, serta dapat membuat laporan seperti laporan anggota, laporan simpanan, mendata transaksi pinjaman, transaksi angsuran, dan laporan pengembalian serta dapat mengubah password user. Dengan menggunakan sistem informasi simpan pinjam berbasis aplikasi dengan pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode waterfall dapat menunjang dalam pendataan anggota maupun transaksi yang sedang berlangsung sehingga lebih efektif dan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Icha Isty Nur, dan Supriyanta. 2018. Sistem Informasi Penjualan Busana Pengantin Pada Tutut Manten Yogyakarta. Yogyakarta: Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Vol. 10, No. 1: 1-6.

Fadallah, M. F., & Rosyida, S. 2018. Program Pemesanan Percetakan Berorientasi Objek dengan Pemodelan Unified Modeling Language. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa. Vol. VII, No. 1: 61–70.

Hidayatullah, Priyanto. 2015. Visual Basic .NET Membuat Aplikasi Database dan Program Kreatif. Bandung: Informatika.

Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisa dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Supriyanto, Agn. 2015. Tata Kelola Koperasi Kredit atau Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: Andi.

Tabrani, Muhamad. 2014. Implementasi Sistem Informasi Reservasi Penginapan Pada Argowisata Gunung Mas Cisarua Bogor. Jakarta: Bianglala Informatika. Vol. II, No. 1: 33-42.

Taufik, Andi, dan Ermawati. 2017. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pentas Seni Berbasis WEB Pada Sanggar Seni Getar Pakuan Bogor. Jakarta: Indonesian Journal on Software Engineering. Vol. 3, No. 2: 1-7.

Tohari, Hamim. 2014. Astah Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: Andi.

Yulia, E. R. 2017. Perancangan Program Penjualan Perhiasan Emas Pada Toko Mas Dan Permata Renny Medan. Evolusi. Vol. 5, No. 2: 27–34.

Yurindra. 2017. Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

[1]
M. Tabrani and I. R. Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang”, interkom, vol. 14, no. 1, pp. 41–50, Apr. 2019.