Analisis Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Simulasi SBMPTN 2018 (Studi Kasus Peserta Simulasi SBMPTN 2018)

Authors

  • Jajang Jaya Purnama Universitas BSI
  • Nurul Ichsan Universitas BSI
  • Erni Ermawati Universitas BSI
  • Tri Wahyuni Universitas BSI
  • Ade Suryadi Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v14i2.48

Keywords:

SBMPTN 2018, Kesiapan Belajar, Regresi Sederhana

Abstract

Kesiapan belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman. Penelitian ini ditujukan untuk menyelidiki pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil Simulasi SBMPTN 2018, penulis membagikan kuesioner online secara yang memiliki skala likert 1 sampai 5 secara acak ke responden peserta Simulasi SBMPTN 2018 yang didapat 50 responden dari seluruh Indonesia. Hasil dari data-data diproses melalui perhitungan statistic dan korelasi rata-rata, didapat melalui penggunaan SPSS 16.0. dari data tabulasi diketahui skor x 1.763 yang artinya baik. Hasil uji reliabilitas semua variabel mempunyai koefisien alpha yang lebih besar dari nilai r tabel yaitu 0,444 sehingga dapat dikatakan reliabel, konstanta (a) sebesar 73.565 dan bertanda positif, artinya tidak ada perubahan satuan pada semua efisiensi. Koefiien regresi b sebesar -0,381 bertanda negatif (berlawanan) sebesar satu-satuan. Korelasi (R) didapat 0,320 artinya korelasi antara variabel kesiapan belajar (X) terhadap dependen yaitu hasil Simulasi SBMPTN 2018 (Y) sebesar 0,320. Nilai R2 sebesar 0,102 artinya persentase sumbangan pengaruh variabel kesiapan belajar (X) sebesar 10,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrofi, I. (2016). Pengaruh Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Ganjil Sman 1 Sendang Agung. Lampung: Universitas Lampung.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1, 81-86.

Harifa, A. (2001). Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Komputer, W. (2010). Modul Belajar Statistika Dengan Spss 18. Semarang: Andi.

Kurniawan, D. (2008, Maret 2). Regresi Linier. Diambil Kembali Dari Http://Www.Google.Co.Id/2008/Regresi.Linier.Html

Lusiana, N, Andriyani & Megasari, M. (2012). Buku Ajar Metode Penelitian Kebidanan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Misbahudin, & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistika Edisi Ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian Dan Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Potu, A. (2013). Kepemimpinan, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo Dan Maluku Utara Di Manado. Jurnal Emba Vol. 1 No. 4, 1208-1218.

Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan Spss. Yogyakarta: Gava Media.

R, R. (2017). Analisi Kepuasan Pengguna Aplikasi Line@ Sebagai Sosial Media Marketing Menggunakan Model Sukses Delone Dan Mclean. Bandung: Universitas Bsi.

Rani Rachmawati, M. R., & Suriani, N. L. (2009). Pengaruh Suhu Dan Lama Penyimpanan Terhadap Kandungan Vitamin C Pada Cabai Rawit Putih (Capsium Frustescens). Jurnal Biologin Vol Viii No 2, 36-40.

Robert Mills Gagne, Karen Medsker. (1996). The Conditions Of Learning. Pennsylvania State University: Harcourt Brace College Pub.

Ryan, S.E Dan Porth, L.S. (2007). A Tutorial On The Piecewise Regression Approach Applied To Bedload Transport Data. Amerika Serikat: Rocky Mountain Research Station.

Sari, E. K., Ulfiana, E., & Dian, P. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi Dengan Metode Permainan Simulasi Ular Tangga Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, Dan Aplikasi Tindakan Gosok Gigi Anak Usia Sekolah Di Sd Wilayah Paron Ngawi. Jurnal Universitas Airlangga, 1-11.

Sartika, R. A. (2009). Pengaruh Suhu Dan Lama Proses Menggoreng (Deep Frying) Terhadap Pembentukan Asam Lemak Trans. Makara Sains Vol. 13 No. 1, 23-28.

Seputra, Y. (2013). Belajar Dan Analis Tuntas Statistika. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sinurat, A., & Purwadaria, T. (1998). Pengaruh Suhu Ruang Fermentasi Dan Kadar Air Substrat Terhadap Nilai. Jurnal Ilmu Ternak Veteriner Vol. 3 No. 4, 225-229.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Model Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Model Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Spss Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukiarko, E. (2007). Pengaruh Pelatihan Dengan Metode Belajar Berdasarkan Masalah Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Kader Gizi Dalam Kegiatan Posyandu. Tesis Pasca Sarjana Universitas Diponogoro Semarang, 1-120.

Syilfi, Ispriyanti, D., & Safitri, D. (2012). Analisis Regresi Linier Piecewise Dua Segmen. Jurnal Gaussian Vol 1. No 1, 219-228.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tunjungsari, P. (2011). Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Kantor Pusat Pt. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Universitas Komputer Indonesia Vol. 1 No. 1, 1-14.

W, S. V. (2015). Spss Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

[1]
J. J. Purnama, N. Ichsan, E. Ermawati, T. Wahyuni, and A. Suryadi, “Analisis Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Simulasi SBMPTN 2018 (Studi Kasus Peserta Simulasi SBMPTN 2018)”, interkom, vol. 14, no. 2, pp. 61–70, Jul. 2019.