Analisis Kesiapan Penggunaan Sistem Otomatisasi Proses Skripsi (SOTOPROPSI) Dengan Menggunakan Metode TAM

Authors

  • Muhammad Agreindra Helmiawan STMIK Sumedang
  • Fidi Supriadi STMIK Sumedang
  • Fathoni Mahardika STMIK Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v14i3.53

Keywords:

Analisis, Sistem Otomatisasi, Proses Skripsi, Uji Validitas, Uji Realibilitas

Abstract

Pada saat ini perkembangan teknologi membuat pengguna semakin membutuhkan teknologi khususnya bagi organisasi, perusahaan, serta perorangan untuk mendapatkan kemudahan, kecepatan dan ketetapan dalam mengolah dan memperoleh data atau informasi. Perubahan teknologi informasi dapat memberikan kemudahan akses segala hal informasi secara online yang tentunya canggih dan terkomputerisasi. STMIK sumedang merupakan salah satu instansi pendidikan yang mengutamakan dalam bidang pendidikan teknologi informasi sebagai suatu keunggulannya dengan di terapkannya suatu sistem informasi yaitu Sistem Otomatisasi Proses Skripsi (SOTOPROPSI). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Technology Acceptence Model (TAM) dikembangkan oleh Davis pada tahun 1985 untuk menjelaskan dan memprediksi penggunaan dari suatu sistem. Tujuan model ini adalah untuk menjelaskan tentang persepsi pengguna terhadap manfaat dan kemudahan dalam penggunaan teknologi informasi itu sendiri. Mengetahui seberapa manfaat Sistem Otomatisasi Proses Skripsi (SOTOPROPSI) bagi mahasiswa STMIK Sumedang khususnya Mahasiswa tingkat akhir yang mengambil skripsi atau tugas akhir. Memberikan persentase dari persepsi kemudahan dan manfaat terhadap sistem bagi pengguna, serta memberikan rekomendasi agar sistem lebih berguna untuk semua aktivitas dan pengguna khususnya untuk mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiputra, M. W. (2015). Aplikasi Technology Acceptance Model terhadap Pengguna Layanan Internet Banking. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 2 (1), 52-63.

Chuttur, M.Y. (2009) Overview of the Technology Acceptance Model: Origins, Development and Future Directions, USA, Indians University. Sprouts: Working Papers on Information System, Vol. 9.

Davis, Fred D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived ease of use of Information Technology. Management Information System Quarterly.

Davis, Fred D. (1986). “Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information System Theory and Results.” Dissertation. Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Hendra, J., & Iskandar, A. (2016). AplikasI Model TAM terhadap Penggunaan Layanan Internet Banking di Kantor Bank Jatim Cabang Situbondo. Ecobuss, 4 (1), 1 - 9.

Hartono, J. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan (2 ed.). Yogyakarta: ANDI.

Mujiyati dan Aris. 2013. “Perpajakan Kontemporer”. Muhammadiyah University Press, Surakarta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuniarto, D., Helmiawan, M. A., & Firmansyah, E. (2018). Technology Acceptance in Augmented Reality. Jurnal Online Informatika, 3(1), 10-13.

Yuniarto, D. (2018). Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi Laporan Beban Kerja Dosen Dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Secara Online Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)(Studi Kasus Di Lingkungan Perguruan Tinggi Sebelas April Dan STMIK Sumedang). Infoman’s, 12(1).

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

[1]
M. A. Helmiawan, F. Supriadi, and F. Mahardika, “Analisis Kesiapan Penggunaan Sistem Otomatisasi Proses Skripsi (SOTOPROPSI) Dengan Menggunakan Metode TAM ”, interkom, vol. 14, no. 3, pp. 110–119, Oct. 2019.