Rancang Bangun Aplikasi Tracking Delivery Pada CV Petro Asia Jaya Utama Berbasis Web

Authors

  • Rosina Koto Humeon STMIK Rosma
  • Rahmat Gunawan STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.72

Keywords:

Tracking Delivery, PIECES, Web, Php, MySQL

Abstract

Sistem yang digunakan di CV Petroasia Jaya Utama saat ini cenderung masih secara manual menggunakan buku dan agenda, sehingga sering timbul permasalahan yang terjadi seperti kesalahan pencatatan dalam pengolahan data pengiriman dan rekapitulasi data konsumen yang membutuhkan waktu cukup lama sehingga kurang mendukung, kurang cepat dan fleksibel dalam menyajikan informasi. Aplikasi yang digunakan untuk mengolah data juga masih sederhana yaitu microsoft office word dan excel dan Konsumen dan petugas marketing harus saling berhubungan untuk memastikan informasi mengenai barang yang dikirim seperti status pengiriman barang apakah barang tersebut sudah sampai atau belum. Pada penelitian penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan sistem dengan merancang sebuah sistem menggunakan UML (unified modeling language) dan kerangka yang digunakan dalam proses analisis adalah metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Service). Sistem ini meliputi proses pemesanan barang, pengiriman dan pemantaun status pengiriman barang, oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem tracking  berbasis web. Sistem ini dirancang dengan bahasa pemograman php dan MySQL sebagai database. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu dengan adanya sistem tracking delivery berbasis web ini diharapkan dapat mempermudah konsumen dan karyawan CV Petroasia Jaya Utama dalam mengelola data pemesanan data tracking, serta dapat memberikan informasi kepada konsumen secara terbaru dan sesuai dengan keadaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beisse, F. (2013). A Guide to Computer User Support for HelpDesk & Support Specialist, edisi ke-5. In C. J. Gaol, Sistem informasi manajemen pemahaman dan aplikasi. Jakarta.

Bolung, M. a. (2017). ANALISIS PENGGUNAAN METODOLOGI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK. Jurnal ELTIKOM.

D.S. Budhi, (2017). ANALISIS PENGGUNAAN METODOLOGI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK. Jurnal ELTIKOM.

Fabbly. (2019). Business Proces Improvement, doi:10.1201/B12270-7.

H. J. Harrington, (1991). Business Proces Change, Business Proces Change, doi:10.1016/B978-0-12-374152-3.X5027-7.

Hiles. (2007). The Definiti Handbook of Business Continuty management . England: John wiley & Sons.

M. Stefani. Yulianto J.P, Sri. Setyawan, Martin. 2012. “Sistem Informasi Tracking Pengiriman Barang pada Online Shopping Berbasis SMS Gateway pada PT Karunia Inti Jaya Agrisarana”. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.

Mustakini, Jogiyanto Hartono. 2009. “Sistem Informasi Teknologi”. Yogyakarta : Andi Offset.

Mustika, “Aplikasi Tracking Paket Barang Ekspedisi Pada Pt . Bahari Eka Nusantara Palembang,” Teknol. Dan Inform., 2012.

M. Nazir, (2011). METODE PENELITIAN (EDISI 7). JAKARTA: Ghalia Indonesia.

Nugroho. (2010). BUKU AJAR OBSTETRI. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nugroho. 2010. “Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML”. Yogyakarta : Andi Offset.

S. a. Dharwiyanti, (2003). PENGANTAR UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML).

S. Lila, (2018). Research Methods Information Technology.

S. Arikunto (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

W. Abdillah, (2018). METODE PENELITIAN TERPADU SISTEM INFORMASI. YOGYAKARTA: Andi.

Y. A. Nasution, H. Dhika, and S. Rezeki, “Sistem Tracking Online Pengiriman Barang dan Dokumen di PT SCAM,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., 2020, doi: 10.30998/jrami.v1i03.445.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

[1]
R. K. Humeon and R. Gunawan, “Rancang Bangun Aplikasi Tracking Delivery Pada CV Petro Asia Jaya Utama Berbasis Web”, interkom, vol. 15, no. 3, pp. 94–105, Oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)