Peningkatan Skill Enterpreneurship Bagi Mahasiswa STMIK Rosma Karawang Melalui Pelatihan Business Model Canvas

Authors

  • Lila Setiyani STMIK ROSMA

DOI:

https://doi.org/10.35969/abdimas.v1i2.195

Keywords:

Business Model Canvas, Mahasiswa, Wirausaha

Abstract

Saat ini, masyarakat yang semula ingin menjadi karyawan berubah drastis, sulitnya dalam mencari pekerjaan, mendorong banyak masyarakat yang ingin berwirausaha (entrepreneur). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal serta pemahaman Business Model Canvas (BMC) kepada mahasiswa STMIK Rosma tentang pentingnya berwirausaha dan mendorong tumbuhnya jiwa kewirausahaan. BMC menggambarkan bisnis seperti apa yang sedang dibangun/dijalankan secara keseluruhan dari berbagai aspek. Model visualisasi yang disajikan BMC memudahkan mahasiswa dalam memetakan bisnis, berinovasi dan berkreasi, berpikir simpel, mengkolaborasikan seluruh elemen yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, dan memanfaatkan peluang. Langkah selanjutnya adalah menyatukan banyak hal yang belum pernah terpikirkan oleh para pengusaha sebelumnya dalam model bisnis ini. Kegiatan meliputi observasi, wawancara tatap muka, konseling, dan demonstrasi di depan mahasiswa. Hasilnya, siswa dapat memperoleh pengetahuan tentang BMC dan menggunakan model BMC untuk mengembangkan rencana bisnis. Implikasi dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman mahasiswa dalam mengembangkan ide bisnis dan menciptakan struktur rencana bsnis menggunakan BMC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66–75. https://e-equalsmc3.com/alex-osterwalders-business-model-canvas/

Coyanda, J. R. (2020). Model Technopreneur IT Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid 19 dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 11(1), 27–32. https://doi.org/10.36982/jig.v11i1.1069

Ilyas, M., Anas, A., & Islamiah, R. Y. (2020). Pengembangan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa dan Alumni. Abdimas Toddopuli: Jurnal …, 2(1), 1–12. https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/424

Mopangga, H. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, 13(1), 78–90.

Rosmiati, & Munawar, D. T. S. J. (2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 17(1), 21–30. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.21–30

Siregar, G., Andriany, D., & Bismala, L. (2019). Program Inkubasi Bagi Tenant Inwall Di Pusat Kewirausahaan, Inovasi Dan Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. … Nasional Kewirausahaan, 1(1), 45–51. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3578

Sustaningrum, R., & Pramitasari, R. (2020). Pemanfaatan Lahan Dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat Dengan Aquaponik Di Jatipulo, Tanah Abang. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(1), 1. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i1.41315

Utami, D. P., Rahmawati, F., & Zulfanita. (2021). PELATIHAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) UNTUK PENGEMBANGAN STARTUP MAHASISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PERTANIAN, 69–79. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3578

Downloads

Published

2022-03-21