Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Instagram Dalam Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19 Dikalangan Mahasiswa

Authors

  • Giofanny Theresia STMIK Rosma
  • Anwar Maulana STMIK Rosma
  • Finna Puspita STMIK Rosma
  • Femmy Effendy STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v16i3.124

Keywords:

Social Media, Instagram, Education, COVID-19, Descriptive

Abstract

Media sosial adalah suatu aplikasi untuk berkomunikasi dengan orang lain yang memanfaatkan internet. Namun pada kondisi pandemi COVID-19 ini media sosial dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain saja tetapi juga sebagai pusat informasi mengenai vaksin, informasi mengenai ketersediaan oksigen, informasi mengenai jumlah pasien COVID-19, informasi situasi dan kondisi terkini,edukasi pencegahan dan perlindungan dari COVID-19, dukungan moral dari komunitas virtual, dan sarana hiburan. Dalam media sosial berbagai informasi tersebut disajikan dengan cara yang unik dan menarik sehingga masyarakat tertarik dan mudah mengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas dan pengaruh dari pemanfaatan aplikasi Instagram dalam mengedukasi pencegahan penularan COVID-19 di kalangan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan pada karya tulis ilmiah ini adalah penelitian descriptive. Sedangkan metode yang di lakukan adalah metode survey dimana penelitian mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisoner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Sampel yang di ambil sebanyak 51 Responden dengan menggunakan teknik teknik Non Probability Sampling dengan metode Sampling Jenuh (sensus), yaitu pengambilan sampel bila semua responden dalam populasi dijadikan sampel. Hasil Analisis dimana hasil analisis descriptive statistic jawaban indicator penelitian mengenai pemanfaatan aplikasi Instagram dalam edukasi pencegahan penularan COVID-19 di kalangan mahasiswa dapat mencapai tujuannya secara efektif, sesuai dengan hasil kuisoner yang didapat sebagian besar responden memberikan respon postif dan setuju bahwa aplikasi instagram efektif dalam mengedukasi mahasiswa mengenai pencegahan penularan COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

O. Mungkasa, “Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19,” J. Perenc. Pembang. Indones. J. Dev. Plan., vol. 4, no. 2, pp. 126–150, 2020.

K.-H. Chu, J.-P. Allem, T. B. Cruz, and J. B. Unger, “Vaping on Instagram: cloud chasing, hand checks and product placement,” Tob. Control, vol. 26, no. 5, pp. 575–578, 2017.

WHO, “Coronavirus,” 2020. .

N. F. Putri, E. Vionia, and T. Michael, “PENTINGNYA KESADARAN HUKUM DAN PERAN MASYARAKAT INDONESIA DALAM MENGHADAPI PENYEBARAN BERITA HOAX COVID-19,” Media Keadilan J. Ilmu Huk., vol. 11, no. 1, pp. 98–111, 2020.

E. Suprijanto and S. Arikunto, “Efektivitas pengelolaan kegiatan kelompok kerja guru (KKG) di Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 141–151, 2016.

A. M. Idhom, “Update Corona 29 Mei 2020 di Indonesia & Data Pandemi Dunia Terkini,” Titro.id, 2020. .

Wikipedia, “Media Sosial,” Wikipedia. .

A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media,” Bus. Horiz., vol. 53, no. 1, pp. 59–68, 2010, doi: 10.1016/j.bushor.2009.09.003.

Wikipedia, “Instagram,” Wikipedia. p. 283, 1386.

Pendidikanku.org, “Pengertian Edukasi Menurut Para Ahli,” 2020. .

Sugiyono, “Metodelogi Penelitian,” 2002.

R. Susilana, “Modul Populasi dan Sampel,” Modul Prakt., pp. 3–4, 2015, [Online]. Available: http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/PENELITIAN_PENDIDIKAN/BBM_6.pdf.

Downloads

Published

2021-11-20