Analisis Pengaruh Kualitas Web Disbudpar Karawang Dengan Menggunakan Metode Webqual
DOI:
https://doi.org/10.35969/interkom.v19i1.342Keywords:
Web Disbudpar Karawang, Tourism, Culture, Service Quality, User SatisfactionAbstract
Penelitian ini berfokus pada pentingnya situs web Disbudpar Karawang, yang dibuat untuk mempromosikan tujuan wisata dan budaya di Karawang. Situs web ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai tempat wisata, acara budaya, dan informasi praktis yang dapat membantu wisatawan merencanakan perjalanan mereka ke Karawang. Sektor pariwisata juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan seperti mempromosikan budaya lokal, memperkenalkan keindahan alam, budaya, dan seni kuliner kepada wisatawan lokal dan internasional, serta meningkatkan popularitas dan daya tarik daerah. Penelitian ini menggunakan metode WebQual. Kepuasan pengguna dianggap penting dalam penelitian ini, dan teori kualitas layanan digunakan untuk mengidentifikasi dimensi kualitas situs web yang perlu dipertimbangkan dalam pengukuran kualitas situs web. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak situs web Disbudpar Karawang terhadap kepuasan pengunjung, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas situs web, yang dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna dan membantu mempromosikan pariwisata dan budaya di Karawang secara lebih efektif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dan dalam penelitian ini, digunakan variabel-variabel yang termasuk dalam metode WebQual 4.0, seperti kegunaan, kualitas informasi, interaksi layanan, dan desain.
Downloads
References
S. A. Arnomo, R. Harman, and N. Nopriadi, “MODEL IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN WEBQUAL UNTUK EVALUASI WEBSITE,” J. Desain Dan Anal. Teknol., vol. 1, no. 1, 2022, doi: 10.58520/jddat.v1i1.18.
A. A. Ihsan, U. Hidayati, and M. Mardinawati, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS,” KEUNIS, vol. 10, no. 2, 2022, doi: 10.32497/keunis.v10i2.3519.
M. Siregar, “Analisis Kepuasan Pelanggan Ompu Gende Coffee Medan,” J. Divers., vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.31289/diversita.v7i1.5190.
Y. Pratama, I. Heryanto, A. Dwiyanisa, and I. Megawati, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN,” Maj. Bisnis IPTEK, vol. 14, no. 2, 2021, doi: 10.55208/bistek.v14i2.231.
A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, 2020.
B. B. Cahyadi and M. S. Shihab, “Membangun Loyalitas melalui Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Mediasi,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 8, 2022.
G. P. A. Y. Sihombing and J. I. Sihotang, “Analisis Kualitas Modul UNAI Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. Komput. dan Inform., vol. 10, no. 1, 2022, doi: 10.35508/jicon.v10i1.6465.
M. Ahmadi, S. D. Ardianti, and I. A. Pratiwi, “NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SENDANG WIDODARI KABUPATEN KUDUS,” Prog. Pendidik., vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.29303/prospek.v2i1.55.
I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.
N. Q. Nada and S. Wibowo, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Inform. UPGRIS, vol. 1, no. 2, 2015.