Perancangan Aplikasi Mobile E-Marketplace Rumah Kost (Studi Kasus : Kabupaten Karawang)

Authors

  • Darmansyah Darmansyah STMIK Rosma
  • Popi Parpati STMIK Rosma
  • Rahmat Gunawan STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i4.79

Keywords:

E-Marketplace, Rumah Kost, Codeigniter

Abstract

Kabupaten Karawang merupakan salah satu kawasan industri yang berada di Provinsi Jawa Barat. Selain itu di Kabupaten Karawang juga terdapat banyak perguruan tinggi. Jumlah perantau yang ada di Kabupaten Karawang hingga tahun 2018 tercatat 1,7 juta jiwa. Para perantau yang tinggal di Karawang membutuhkan tempat tinggal sementara atau rumah kost. Selama ini perantau dalam mencari informasi rumah kost dengan bertanya kepada teman, bertanya kepada masyarakat sekitar dan mendatangi satu-persatu lokasi rumah kost. Cara tersebut dinilai kurang efektif karena banyak memakan waktu untuk mendapatkan informasi rumah kost yang sesuai. Pada penelitian ini penulis membuat aplikasi mobile E-Marketplace rumah kost di Kabupaten Karawang. Metode perancangan sistem pada penelitian skripsi ini dengan menggunakan metode Software Deplopment Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Aplikasi mobile E-Marketplace ini dibuat dengan menggunakan platform web bootstrap, bahasa pemrograman menggunakan PHP dengan framework Codeigniter, Database Manajemen Systems (DBMS) menggunakan MySQL dan pemodelan berorientasi objek yaitu Unified Modelling Language (UML). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan dibuatnya aplikasi mobile E- Marketplace rumah kost di Kabupaten Karawang yaitu dapat membantu pengguna untuk melakukan pencarian kost di Karawang secara mudah, dan dapat membantu untuk mempermudah pemilik kost dalam memasarkan rumah kost nya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. D. Hutauruk, J. F. Naibaho, and B. Rumahorbo, “Analisis dan perancangan aplikasi marketplace cindramata khas batak berbasis android,” J. Method., vol. 3, no. 1, 2017.

“No Title,” Https://news.detik.com. .

“No Title,” Https://databooks.katadata.co.id. .

E. K. Prasetyo, R. Hartanto, and Selo, “Perancangan Website Public E- marketplace produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Temanggung.,” Semin. Nas. Ilmu Komput., no. 978-602-1034-40–8., 2016.

I. P. Pratama, E-commerce, E- business, dan mobile commerce. Bandung: Informatika Bandung, 2015.

A. Kadir, Pengenalan sistem informasi edisi revisi. Yogyakarta: Andi, 2014.

B. Hartanto, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011.

Rosa A.S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Beroientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.

E. Sutanta, Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi, 2011.

E.Fridayanthie.dkk, “Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus : Kejaksaan Negeri Rangkasbitung),” J. KHATULISTIWA Inform., vol. IV, no. 2, pp. 126–138, 2016.

Arief and M.Rudianto, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan Mysql. Yogyakarta: ANDI, 2011.

R. R. Rerung, Pemograman Web Dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

U. Wardhani and M. A. Nur, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kos Untuk Mahasiswa Di Luwuk Banggai Dengan Metode Saw (Simple Additive Weighting),” Jtriste, vol. 4, no. 1, pp. 9–14, 2017.

H. Alatas, Responsive Web Design Dengan PHP & Bootstrap. Yogyakarta: Lokomedia, 2013.

V. S. Putratama, Pemrograman Web dengan menggunakan PHP dan Framework Codeingiter. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

[1]
D. Darmansyah, P. Parpati, and R. Gunawan, “Perancangan Aplikasi Mobile E-Marketplace Rumah Kost (Studi Kasus : Kabupaten Karawang)”, interkom, vol. 15, no. 4, pp. 177–189, Jan. 2021.