Analisis Kepuasan Pengguna Markeplace Facebook menggunakan PIECES Framework
DOI:
https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v4i1.408Keywords:
PIECES, Kepuasan pengguna, Marketplace facebookAbstract
Dalam era digital seperti saat ini, segala sesuatunya didominasi oleh kata ‘online’ mulai dari transaksi online, penggalian informasi secara online hingga belanja online. Jual beli secara online melalui platform marketplace yang disediakan oleh Facebook. tujuan nya memberikan kemudahan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan salah satunya adalah dapat membandingkan harga dari banyak toko yang menjual produk tersebut tanpa harus lelah berpergian dari satu toko ke toko yang lain. PIECES Framework merupakan salah satu model yang umumnya digunakan untuk mengukur nilai baik tidaknya variabel yang diterapkan dan apakah berperan dalam kualitas pelayanan.metode ini digunakan untuk mengukur nilai apakah pengguna puas atau tidak terhadap suatu pelayanan yang diberikan. Dalam penelitian ini analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode PIECES framework menghasilkan skor rata-rata 4,4 dengan skalalikert di kategori PUAS. sedangkan hasil analisis berdasarkan hasil uji validitas dan realibilitas dinyatakan Valid dan Reliabel. Maka pengguna marketplace facebook dinyatakan PUAS terhadap penggunaan sistem dan Kesesuaian informasi yang didapatkan pengguna.
Downloads
References
Almuraj, M. (2020). Implementasi Aplikasi Sim Online Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Oleh Satuan Pelaksana Administrasi SIM (Satpas) Satlantas Polres Cirebon Kota. Police Studies Review.
Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(2). https://doi.org/10.29300/syr.v18i1.1568
Nur Fauzi, A. M., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2022). MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI KEARSIPAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE DAN PIECES FRAMEWORK. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1). https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2452
Oktaviani, I., Sumarlinda, S., & Widyaningsih, P. (2021). Penerapan Metode PIECES pada Analisis Sistem Informasi Manajemen Apotek. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 11(1).
Pamungkas, R. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Administrasi SMK Negeri 1 Jiwan. Intensif, 1(2), 129. https://doi.org/10.29407/intensif.v1i2.799
Sarkosi, E. (2020). Aplikasi Go Sigap sebagai wujud peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dengan berbasis teknologi informasi. Jurnal Sosiologi Dialektika, 14(2). https://doi.org/10.20473/jsd.v14i2.2019.84-94
Wijaya, B. A., Almarorojati, F., & Laoli, J. P. (2023). Upaya Imigrasi dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1224
Yonanda, D. H., & Usman, R. (2021). Perancangan Media Informasi Wisata Bahari Kota Pariaman dalam Bentuk Motion Graphic. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif. https://doi.org/10.35134/judikatif.v3i1.3