Analisis Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi MyIndiHome di Karawang menggunakan metode PIECES Framework

Authors

  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • Dudi Awaludin STMIK Rosma
  • Dita Amelia STMIK Rosma
  • Arif Maulana Yusuf STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v3i2.323

Keywords:

Aplikasi MyIndiHome, PIECES Framework, Sistem Informasi

Abstract

Sistem informasi menyandang kedudukan penting dalam menciptakan informasi untuk level manajemen. Studi harus menyadari kebutuhan informasi adapun diharapkan manajemen agar informasi akan didapatkan karena sistem informasi mampu berperan dengan benar untuk manajemen. Cara penilaian akan kualitas mengenai sistem informasi diinginkan akan sistem informasi Aplikasi MyIndiHome berlangsung sesuai dengan yang dibutuhkan. Adapun metode  PIECES Framework akan digunakan dimana sesuai dengan 6 point yaitu Performance, Informasi dan Data, Economics, Control and Security, Effeciency, and Service. Penilitian ini bertujuan mengenai analisis kepuasan, kelemahan dan kelebihan pada Aplikasi MyIndiHome. Menurut angket yang telah dihitungkan pada responden bahwa user Aplikasi MyIndiHome, jika point Performance, Information&Data, Economics, Control and Security, Effeciency, dan Service memberi hasil puas terhdap para pelanggan maka sistem Aplikasi MyIndiHome, yang dipakai oleh para pengguna Aplikasi MyIndiHome dikarawang telah sesuai dengan 6 point pada PIECES.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(2). https://doi.org/10.29300/syr.v18i1.1568

Guna, S. D., & Nita, Y. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Pengukuran Kompetensi Sistem Informasi Keperawatan: NICAT Dalam Bahasa Indonesia. HEALTH CARE : JURNAL KESEHATAN, 8(1). https://doi.org/10.36763/healthcare.v8i1.36

Kinanti, N., Putri, A., & Dwi, A. (2021). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(2).

Nur Fauzi, A. M., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2022). MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI KEARSIPAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE DAN PIECES FRAMEWORK. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1). https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2452

Nurul Ichsan, R. (2020). PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG MEDAN. Jurnal Ilmiah METADATA, 2(2). https://doi.org/10.47652/metadata.v2i2.26

Oktaviani, I., Sumarlinda, S., & Widyaningsih, P. (2021). Penerapan Metode PIECES pada Analisis Sistem Informasi Manajemen Apotek. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 11(1).

Pamungkas, R. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Administrasi SMK Negeri 1 Jiwan. Intensif, 1(2), 129. https://doi.org/10.29407/intensif.v1i2.799

Permana, H. D., Hapsari, A. A., Nugraha, D., & Jaenul, A. (2021). Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan Metode PIECES Framework. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(2), 202–209. https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v20i2.358

Salsabila, H. A., & Iriyadi, I. (2020). Evaluasi Atas Penerapan Sistem Informasi Akademik Dan Keuangan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(2). https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i2.348

Saputri, E. (2020a). EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN APLIKASI MOBILE MYINDIHOME BERDASARKAN KOMBINASI METODE SERVQUAL DAN METODE WEBQUAL. Jurnal Tekno Kompak, 14(1). https://doi.org/10.33365/jtk.v14i1.525

Saputri, E. (2020b). EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP RESPON CEPAT TANGGAP LAYANAN APLIKASI MOBILE MYINDIHOME BERDASARKAN KOMBINASI METODE SERVQUAL DAN METODE WEBQUAL. Jurnal SAINTEKOM, 10(2). https://doi.org/10.33020/saintekom.v10i2.99

Saragih, L. M. S. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online B2C Dikota Medan. Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI), 15(2).

Tevi Maryani. (2020). Pengaruh Partisipasi Pemakai Sistem Informasi, Kemampuan Pemakai Sistem Informasi, Ukuran Organisasi, Program Pelatihan Dan Pendidikan Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1).

Downloads

Published

2023-10-30

Most read articles by the same author(s)