Analisis Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus STMIK Rosma)

Authors

  • Hizkia Budiman STMIK Rosma
  • Anggi Elanda STMIK Rosma
  • M. Wahidin STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v2i1.256

Keywords:

Sistem Informasi Akademik, Analisis Faktor, EUCS, Kepuasan Pengguna

Abstract

SIAKAD merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk menunjang seluruh aktivitas belajar mengajar disebuah instansi akademik seperti Universitas atau Perguruan Tinggi. SIAKAD STMIK ROSMA belum banyak diteliti mengenai kepuasan dalam penggunaanya. Agar dapat diketahui apakah SIAKAD STMIK ROSMA telah berjalan dengan baik atau tidak, maka dapat dilihat dari kepuasan penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menerapkan model dari End User Computing Satisfaction (EUCS), yang dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna berdasarkan hasil dari analisis faktor yaitu pada indikator Content yang memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan pengguna SIAKAD STMIK ROSMA, dengan nilai sebesar 4,154 atau > 1 yang dapat ditentukan menjadi faktor pertama. Sedangkan pada indikator Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeless mendapatkan nilai < 1 dan dianggap tidak dapat ditentukan menjadi faktor penentu kepuasan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityawarman. (2012). PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN PENYELARASAN STRATEGI TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP STRATEGI BISNIS ANALISIS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 (Studi Kasus PT. BRI, Tbk). Jurnal Akuntansi & Auditing, 8(2), 166–177.

Davis. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. https://doi.org/10.36863/mds.a.14027

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The measurement of end-user computing satisfaction. MIS Quarterly: Management Information Systems, 12(2), 259–273. https://doi.org/10.2307/248851

Itmamudin. (2014). Analisis Kepuasan Pengguna Opac dan Dampaknya Terhadap Loyalitas di Perpustakaan Stain Salatiga. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 2, 1–19.

Jiménez-Zarco, A. I., González-González, I., Saigí-Rubió, F., & Torrent-Sellens, J. (2015). The co-learning process in healthcare professionals: Assessing user satisfaction in virtual communities of practice. Computers in Human Behavior, 51(December), 1303–1313. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.11.057

Kemendikbud RI. (2014). Modul Pembelajaran SPSS. https://doi.org/10.1016/j.arbres.2008.09.002

Marlindawati, & Indriani, P. (2016). E-LEARNING DENGAN PENERAPAN MODEL END USING COMPUTING SATISFACTION ( EUCS ) ( Studi Kasus : Universitas Bina Darma dan STMIK MDP ). Jurnal Ilmiah MATRIK, 18(1), 55–66.

Mutia, I. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akademik Dengan Teknologi Short Message Service (Sms) Pada Xyz. Teknik Informatika, 7(3), 13.

Putra, I. R., Putri, T. K., Dzakiyah, R. N., & Renata, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas.

Sejarah – STMIK Rosma. (n.d.).

Suzanto, B., & Sidharta, I. (2015). Pengukuran End-User Computing Satisfaction Atas Penggunaan Sistem Informasi Akademik. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship ISSN 2443-0633, 9(1), 16–28.

Tata Sutabri. (2013). Konsep Sistem Informasi.

Undang-Undang Republik Infonesia No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. (2012). 262.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 8.5.2017, 1–16.

Downloads

Published

2022-06-30

Most read articles by the same author(s)