Analisis Penerimaan Aplikasi BPJS Kesehatan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Studi Kasus Pengguna BPJS Kesehatan Di Karawang

Authors

  • Yudiana Yudiana STMIK Rosma
  • Lila Setiyani STMIK Rosma
  • Novia Larasati Setyo Ningrum STMIK Rosma

Keywords:

Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan, Technology Acceptance Model

Abstract

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, hal ini dimanfaatkan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan dalam pelayanan peserta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan membangun Aplikasi Mobile JKN yang dimaksudkan untuk memudahkan peserta BPJS Kesehatan dalam mendapatkan pelayanan yang lebih efektif dan juga efisien. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan pengujian terhadap penerimaan Aplikasi BPJS Kesehatan untuk Pengguna BPJS Kesehatan di Karawang dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan mengambil 3 variabel yaitu variabel Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Pengguna dan Penerimaan Aplikasi. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner yang disebarkan melalui Media Sosial. Dengan sampel yang diperoleh sebanyak 104 responden. Dari uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh positif pada setiap variabel TAM yang digunakan yaitu Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of IT. Namun dari uji Validitas terdapat nilai Outer loading yang kurang dari 0,7 pada indikator TAM yang digunakan yaitu Indikator PU1 “Pendaftaran dan Pembayaran Premi akan sulit tanpa menggunakan Aplikasi Mobile JKN” sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Awalukita, C. E., Kusnandar, & Setyowati. (2020). Pengaruh Experiental Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Restoran Pempek NY. Kamto di Surakarta. Argista, 8(4), 27–38.

Azizah, F. N., Puspakaritas, F. N., Vania Amanda Pramesti, Y., Putri, A. S., & Azizah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Terhadap Loyalitas Pengguna Shopee. Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 56–67.

Ladepi, N. (2018). PENERIMAAN SISTEM E-FILING ( STUDI EMPIRIS PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI ) Diajukan oleh : Nanda Ladepi PROGRAM STUDI MAGISTER AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA Agustus 2018.

Lestari, Tri ; hizazi, Achmad ; Muhammad, G. (2020). ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI AKUNTANSI INSTANSI BERBASIS AKRUAL (SAIBA) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHONOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) SATUAN KERJA (SATKER) KEMENTERIAN AGAMA MITRA LAYANAN KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) JAMBI. 5(4), 280–293.

Muchsam, Y., Mareta, F., Kesehatan, I., & Indonesia, B. (2019). Analisis Pengaruh Kepahaman Sistem Rujukan Online Peserta BPJS Terhadap Kepuasan Pelayanan BPJS. 5, 34–39.

Santoso, B., & Edwin Zusrony. (2020). Analisis Persepsi Pengguna Aplikasi Payment Berbasis Fintech Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 49–54. https://doi.org/10.51903/jtikp.v11i1.150

Setiyani, L., Effendy, F., & Slamet, A. A. (2021). Using Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) at Selected Private Technical High School: Google Drive Storage in E-Learning. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31849/utamax.v3i2.6746

Sugiri, W. A., Sihkabuden, & Ulfa, S. (2017). ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP PENGGUNA MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC). Sugiri, W. A., Sihkabuden, & Ulfa, S. (n.d.). ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP PENGGUNA MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC)., 1(17).

Suryawan, M. B., & Prihandoko, P. (2018). Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS. Creative Information Technology Journal, 4(3), 233. https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i3.113

Downloads

Published

2021-10-07