Perancangan Video Animasi Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 Berbasis Motion Graphic

Authors

  • Anggi Elanda STMIK Rosma
  • Darmansyah Darmansyah STMIK Rosma
  • Ahmad Fauzi STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v16i3.173

Keywords:

Covid-19, Media Informasi, Motion Graphic

Abstract

Pada bulan Maret 2020, Pemerintah Indonesia resmi memberitakan bahwa penyakit Virus Corona telah masuk dan mulai menyebar di Indonesia. Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-Cov-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat dan hingga dapat menyebabkan kematian. Virus Corona adalah jenis penyakit yang dapat menular pada manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Dengan adanya berita tersebut, Pemerintah juga memberitakan bahwa setiap warga Indonesia diharuskan untuk melakukan social distancing, physical distancing, dan lockdown guna menghentikan terjadinya penebaran virus covid-19 tersebut. Masyarakat Indonesia dilarang untuk berkumpul, melakukan acara atau berkegiatan yang mengundang banyak orang, dan meliburkan kegiatan yang bisa dihentikan seperti sekolah, kampus, serta tempat-tempat yang memungkinkan untuk menghentikan kegiatan sampai waktu yang tidak dapat ditentukan.  Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi serta mengingatkan kesadaran masyarakat dalam lingkup kota karawang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus rantai penularan penyakit covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://dinkes.bulelengkab.go.id/, “Penyebab, Gejala dan Pencegahan Virus Corona,” Dinas Kesehatan, 2021. [Online]. Available: https://dinkes.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/84-penyebab-gejala-dan-pencegahan-virus-corona.

M. Santoso, S. A., & Chotibuddin, PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MASA PANDEMI . Penerbit Qiara Media., 1st ed. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media, 2020.

R. Risandhy and M. F. Baihaqi, “PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D & 3D KEANEKARAGAMAN BATIK INDONESIA,” Warn. (Journal Vis. Commun. Des., vol. 1, no. 1, pp. 11–30, 2020.

M. N. T. Rifai and T. I. TJ, “Pembuatan Bilingual Video Profil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta,” in Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013, 2013, pp. 35–40.

H. Syafwan, P. Putri, and M. Mariana, “Perancangan Media Pembelajaran Kimia Tentang Struktur Atom Berbasis Multimedia,” in Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2019, pp. 1002–1009, doi: 10.30645/senaris.v1i0.110.

S. D. Saftanto, “Pembuatan Video Company Profile Berbasis Multimedia Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Karanganyar,” Seruni-Seminar Ris. Unggulan Nas. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 238–241, 2013.

P. A. Nanda, “Simulasi Visualisasi Teknik Gerakan Yoga Dengan Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo Berbasis Mobile,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 2, p. 207, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i2.1944.

B. Wulandari, F. Ardiansyah, P. Eosina, and H. Fajri, “Media Pembelajaran Interaktif Ipa Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia,” Krea-Tif, vol. 7, no. 1, p. 11, 2019, doi: 10.32832/kreatif.v7i1.2028.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

[1]
A. Elanda, D. Darmansyah, and A. Fauzi, “Perancangan Video Animasi Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 Berbasis Motion Graphic ”, interkom, vol. 16, no. 3, pp. 122–131, Nov. 2021.

Most read articles by the same author(s)