Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (Sipakde) Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter

Authors

  • Jaka Abdul Haris STMIK Rosma
  • Darmansyah Darmansyah STMIK Rosma
  • Donny Apdian STMIK Rosma
  • Anggi Elanda STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.60

Keywords:

SIPAKDe, Web, Framework Codeigniter

Abstract

Desa Kamojing sebelumnya telah menggunakan sebuah sistem informasi dari pemerintah pusat yaitu Sistem Informasi Manajemen Desa selanjutnya disebut SIMADE, akan tetapi SIMADE tersebut sudah tidak dapat bekerja secara optimal karena mengharuskan mengambil data dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan versi 5 atau SIAK 5 yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau disingkat DISDUKCAPIL, sedangkan saat ini SIAK 5 tidak bisa mengeluarkan database penduduk yang  dibutuhkan sehingga SIMADE ini tidak dapat berjalan. Sementara ini untuk menunjang berbagai pekerjaan dalam pengelolaan data masyarakat, Desa Kamojing memanfaatkan sistem manual yaitu buku register untuk pencatatan dan semi manual dengan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel untuk pendataan kependudukan. Sistem tersebut masih memiliki kelemahan, buku register dalam pencatatannya selain bisa terjadi kesalahan penulisan yang berakibat tidak validnya data, buku bisa basah dan rusak yang berakibat nantinya akan kesulitan saat pencarian data atau proses rekap data, dalam pembuatan surat pun juga tidak efektif karena setiap pembuatan surat yang berulang. Peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian dan membuat Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter. Sistem informasi ini merupakan pengembangan dari sistem yang sudah ada dan mampu membantu pekerjaan perangkat desa. Peneliti menggunakan metode analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service), untuk melakukan penelitiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Romney, Marshal B dan Paul John Steinbart. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Selemba Empat

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Undang-Undang Nomor 4 tahun 2014 tentang Desa.

Permendagri No. 47 Tahun 2016 Tentang Administrasi Pemerintahan Desa.

Arief, M.Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySql. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Murad, Dina Fitria, dkk. 2013. Aplikasi Intelligence Website Untuk Penunjang Laporan PAUD pada HIMPAUDI Kota Tangerang. ISSN: 1978-8282. Jurnal CCIT Vol.7 No.1-September 2013. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

[1]
J. A. Haris, D. Darmansyah, D. Apdian, and A. Elanda, “Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (Sipakde) Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter”, interkom, vol. 14, no. 4, pp. 178–190, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>