Systematic Literature Review Implementasi Service Operation Dalam Kerangka Kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) di Indonesia: Tren Penelitian, Manfaat dan Tantangan

Authors

  • Yadi Riyadi STMIK Rosma
  • M. Wahidin STMIK Rosma
  • Anggi Elanda STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v17i2.232

Keywords:

ITIL, PRISMA, Service Operation, Systematic Literature Review

Abstract

Service Operation merupakan salah satu komponen layanan kerangka kerja ITIL yang digunakan dalam kegiatan Manajemen Layanan IT (ITSM). Tujuan dari Service Operation ITIL adalah untuk mengoordinasikan dan mengelola aktivitas berkelanjutan yang menambah nilai bisnis yang dilakukan selama tahap awal dari ITIL yaitu Service Strategy, Service Design, dan Service Transition. Service Operation juga bertanggung jawab untuk mengelola teknologi yang sedang berlangsung dalam organisasi yang menyediakan dan mendukung layanan TI yang berhubungan langsung dengan pengguna dan pelanggan.. Penulis menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pengolahan data menggunakan cara metode PRISMA untuk mengetahui tren penelitian, sektor, dampak dan tantangan implementasi Service Operation dalam kerangka kerja ITIL di Indonesia. Data yang diperoleh merupakan artikel dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2021. Hasil penelitian dapat dijadikan panduan oleh mahasiswa dan pembaca lainnya untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan Service Operation. Selain itu, penelitian ini juga dapat membantu peneliti lain untuk mencari topik yang dominan penelitian dalam bidang Tata Kelola TI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. L. Putra, E. Darwiyanto, G. Agung, A. Wisudiawan, and S. Kom, “Audit Infrastruktur Teknologi Informasi Berbasis Itil V. 3 Domain Service Operation Pada Fms Departemen Engineering Pt. Grand Indonesia,” … .telkomuniversity.ac.id.

B. A. Kitchenham and S. Charters, “Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. EBSE Technical Report EBSE-2007-01. School of Computer Science and Mathematics, Keele University,” no. January, p. 2007, 2007.

M. Razavian, B. Paech, and A. Tang, “Empirical research for software architecture decision making: An analysis,” J. Syst. Softw., vol. 149, no. 2019, pp. 360–381, 2019, doi: 10.1016/j.jss.2018.12.003.

D. Moher, A. Liberati, J. Tetzlaff, and D. G. Altman, “Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: the PRISMA statement,” J. Clin. Epidemiol., vol. 62, no. 10, pp. 1006–1012, 2009, doi: 10.1016/j.jclinepi.2009.06.005.

Y. Yulianingsih, D. S.-F. Exacta, and undefined 2015, “RANCANGAN TATA KELOLA SERVICE DESK BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY VERSION 3-STUDI KASUS PADA HASNUR,” journal.lppmunindra.ac.id, vol. 4, no. 4, 2011.

S. Susilowati, “EVALUASI TATA KELOLA LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA AREA SERVICE OPERATION MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ITIL VERSI 3 (Studi Kasus …,” Paradig. Komput. dan Inform., vol. XIV, no. 2, pp. 131–140, 2012.

A. Rachmi, T. D. Susanto, and A. Herdiyanti, “Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan ( Studi Kasus : PT XZY Tangerang),” J. Tek. Pomits, vol. 3, no. 2, pp. 175–180, 2014.

A. M. Arifin, M. Murahartawaty, and R. Hanafi, “Analisis Tata Kelola Dan Perancangan Sop Service Operation Pada Layanan Akademik Institut Pemerintahan Dalam Negeri (Ipdn) Dengan Menggunakan Framework Itil Versi 3,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 2, no. 04, p. 53, 2015, doi: 10.25124/jrsi.v2i04.52.

S. Restiana, T. S.-… I. Indonesia, undefined 2, and undefined 2015, “PEMBUATAN SOP IT SERVICE OPERATION BERDASARKAN GAP ANALYSIS DAN ITIL 2011,” repository.its.ac.id.

J. S. Informasi, F. T. Informasi, I. Teknologi, S. Nopember, J. Arief, and R. Hakim, “Pembuatan Standar Operasional Prosedur ( Sop ) Proses-Proses Service Operation Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 Dan Permenkeu No . 169 / Pmk . 01 / 2012 ( Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya Ii ),” vol. 2012, no. 169, pp. 2–3, 2015.

F. Fransiska, M. Murahartawaty, and A. Karma, “Perancangan Service Operation Pada Layanan Ti Pusair Dengan Menggunakan Framework Itil Versi 3,” Sisfo, vol. 05, no. 04, pp. 5079–5093, 2015, doi: 10.24089/j.sisfo.2015.09.004.

I. Maita and S. Akmal, “ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN BEST PRACTICE ITIL V3 SERVICE OPERATION (Studi Kasus: Pustaka dan Arsip Kampar),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 60–65, 2016.

Y. Nurmala Sari et al., “Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi Pada Stie–Amik Lembah Dempo Pagaralam Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library (Itil,” ojs.amikom.ac.id, pp. 6–7, 2016.

A. P. Wijaya, P. Widiadnyana, I. Bagus, and A. Swamardika, “Audit of Information Technology using ITIL V . 3 Domain Service Operation on Communications and Information Technology Agency,” Int. J. Eng. Emerg. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 11–14, 2016.

A. Rizky, A. Herdiyanti, T. S.-S. V. 6 N. 2, and undefined 2017, “Pembuatan Prosedur Operasional Standar Pengelolaan Insiden pada Government Resources Management Systems Kota Surabaya Berdasarkan ITIL V3,” is.its.ac.id.

A. Yulianto, “Perancangan Standar Proses Manajemen Layanan Teknologi Informasi Berbasis Itil V3 2011 : Studi Kasus,” Paradigma, vol. 19, no. 2, pp. 85–91, 2017.

S. Hanief and I. W. Jefriana, “Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning,” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 59–65, 2018, doi: 10.36002/jutik.v4i1.395.

S. Hanief and I. W. Jepriana, “Analisis Maturity Level Dalam Blended Learning Pada Domain Service Operation Framework Itil V3,” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 5, no. 1, pp. 68–75, 2019, doi: 10.36002/jutik.v5i1.639.

M. K. Anam, N. Lizarti, and A. N. Ulfah, “Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation,” Fountain Informatics J., vol. 4, no. 1, p. 8, May 2019, doi: 10.21111/FIJ.V4I1.2810.

F. Gaol, … H. W.-2019 I., and undefined 2019, “Development of Web Application based on ITIL–Incident Management Framework In Computer Laboratory,” ieeexplore.ieee.org.

R. B. N.-I. (International J. of N. Media and undefined 2019, “ITIL 2011: Maturity Level of Service Operation,” ejournals.umn.ac.id, vol. VI, no. 1, p. 50, 2019.

M. V. W. M. M. V. W. Lee et al., “ITIL 2011: The Maturity of IT Service Operation in Universitas Multimedia Nusantara, Indonesia,” Int. J. New Media Technol., vol. 5, no. 2, pp. 90–94, 2019, doi: 10.31937/ijnmt.v5i2.914.

M. Haris, M. A.-B. D. C. on, and undefined 2019, “PEMBUATAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DOMAIN SERVICE DESK BERDASARKAN KERANGKA KERJA ITIL V3,” conference.binadarma.ac.id.

R. W. P. Pamnungkas, A. D. Alexander, and A. Reza, “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Website Design Methode Dalam Mendukung Tata Kelola Teknologi Informasi,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 201, 2019, doi: 10.30645/j-sakti.v3i2.141.

D. Mardiana, W. C.-J. I. Keislaman, and undefined 2020, “Analisis Information Technology Service Management (ITSM) LPSE Kota Palembang Berdasarkan Framework ITIL V3,” jurnal.radenfatah.ac.id, vol. 9, no. 1, 2020.

M. K. Anam, A. R. Putra, … S. F.-J., and undefined 2020, “AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PERKREDITAN ONLINE TERPADU BANK XYZ CABANG PERAWANG MENGGUNAKAN ITIL V3,” e-journal.stmiklombok.ac.id.

R. Handayani, R. A.-E. J. S. informasi dan, and undefined 2020, “Framework Information Technology Infrastructure Library (Itil V3): Audit Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Perguruan Tinggi,” jurnal.ubl.ac.id.

M. Lubis, … R. A.-I. C. S., and undefined 2020, “ITSM Analysis using ITIL V3 in Service Operation in PT. Inovasi Tjaraka Buana,” iopscience.iop.org.

W. Adam, R. Budi, and D. Komarudin, “MENGHITUNG TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA TI MEMAKAI FRAMEWORK ITIL V . 3 ( Studi Kasus : PT Wijaya Karya ),” vol. 5, no. 1, pp. 37–45, 2020.

I. Suban, A. E.-J. Informatika, and undefined 2020, “Peran Framework ITIL V3 Mengukur Kualitas Layanan TI (Studi Kasus: Perpustakaan UAJY),” researchgate.net, pp. 8–9, 2018.

A. Imron, W. Cholil, and L. Atika, “Perancangan Helpdesk Sistem Model Berbasis Itil Versi 3 Domain Problem Management Dan Incident Management”.

Y. Rahmawati, S. R. Natasia, I. P. Deny, and A. Sugih, “PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN INSIDEN LAYANAN TI PADA PT . POS INDONESIA KOTA BALIKPAPAN JUSIKOM PRIMA ( Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima ),” J. Sist. Inf. Ilmu Komput. Prima, vol. 4, no. 1, pp. 7–14, 2020.

S. Hastini, W. C.-J. T. Kompak, and undefined 2021, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V. 3,” ejurnal.teknokrat.ac.id.

W. Nugraha, E. N.-J. (Jurnal S. Informasi, and undefined 2021, “ANALISIS LAYANAN TI PADA DOMAIN SERVICE OPERATION DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3,” jurnal.univbinainsan.ac.id, vol. 6, no. 2, 2021.

F. Ardhy, N. Aminudin, … A. A.-J. I. I., and undefined 2021, “Audit Performance Measurement Accurate Menggunakan ITIL Version 3 pada Domain Service Operation,” ejournal.ikmi.ac.id.

R. Setyadi, Y. Kristian, A. Afrijal, F. D.- Integration, and undefined 2021, “Maturity Level of ITSM Analysis Using ITIL V 3 Framework in NLAA Purbalingga,” researchgate.net.

R. Setyadi, E. P.-J. J. Informatika, and undefined 2021, “Maturity Level of ITSM Analysis Using ITIL V3 Framework in State Electricity Enterprise Purwokerto,” jurnalnasional.ump.ac.id, vol. 9, no. 1, pp. 77–82, 2021.

A. Adiktia, W. C.-J. S. (Sistem I. dan, and undefined 2022, “Penerapan Framework ITILV3 Dalam Tata Kelola Infrastruktur Teknologi Informasi Di SMK Banyuasin,” jurnal.atmaluhur.ac.id.

A. Rohmadona, M. U.-B. D. C. on, and undefined 2021, “PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN SISTEM INFORMASI TNDE MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITILV3 DI BBWS SUMATERA VIII,” conference.binadarma.ac.id.

M. A. Prisetiahadi, L. Abdurrahman, and R. A. Nugraha, “PENILAIAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI BERDASARKAN SURVEY KEPUASAN PENGGUNA DENGAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY ( ITIL ) V3 DI PT . TRANSPORTASI JAKARTA ( TRANSJAKARTA ) ( PROCESS EVENT MANAGEMENT , INCIDENT MANAGEMENT , PROBLEM ,” vol. 8, no. 5, pp. 9488–9496, 2021.

I. Putu et al., “Penyusunan SOP Incident Management pada PT. RST dan PT. XYZ Berdasarkan ITIL 3 Versi 2011,” J. Eksplora Inform., vol. 10, no. 2, pp. 110–121, 2021, doi: 10.30864/eksplora.v10i2.478.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

[1]
Y. . Riyadi, M. . Wahidin, and A. . Elanda, “Systematic Literature Review Implementasi Service Operation Dalam Kerangka Kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) di Indonesia: Tren Penelitian, Manfaat dan Tantangan”, interkom, vol. 17, no. 2, pp. 81–97, Jul. 2022.

Most read articles by the same author(s)