Analisis Transparansi Penggunaan Apbd Pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik (E-Procurement) Sirup Lpse Kabupaten Karawang

Authors

  • Lila Setiyani STMIK ROSMA
  • Dudi Awalludin STMIK Rosma
  • Murni Kurniasih STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v2i2.277

Keywords:

Sistem Pengadaan Secara Elektronik (E-Procurement), Good Governance, Transparansi APBD, Informasi Publik

Abstract

Transparansi atau keterbukaan dalam penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diharapkan oleh masyarakat. Dalam proses pengadaan Secara Elektronik (E-Procurement) SiRUP pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE Kabupaten Karawang menjadi salah satu cara dalam penyampaian informasi yang bisa diakses oleh siapapun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Teori Good Governance. Dengan melalukan Observasi wawancara dan focus group discussion (FGD) pada pengguna SiRUP LPSE Kabupaten Karawang dalam menyajikan data Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada sistem. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana sistem ini dapat menyajikan informasi secara transparan. Dengan melalui tahapan Analisis Data dan Penggambaran Business Process Model and Notation (BPMN) Dapat diketahui bahwa Sistem Pengadaan Secara Elektronik (E-Procurement) SiRUP sangat mendukung nilai Good Governance serta dalam hal transparansi penggunaan APBD sudah diterapkan dengan sangat baik, dapat dilihat dari proses penyampaian informasinya dan kemudahan yang bisa di akses oleh publik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arieska, Permadina Kanah, and Novera Herdiani. 2018. “Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif.” Jurnal Statistika 6(2): 166–71.

Dewi SP, Ani Tresna Kencana, and Ibrahim R. 2018. “Implementasi Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Dalam Pengelolaan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Barang Dan Jasa.” Journal Ilmu Hukum 6(5): 1–12.

Haryati, Dwi, Anugrah Anditya, and Richo Andi Wibowo. 2011. “Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (E-Procurement) Pada Pemerintah Kota Yogyakarta *.” Mimbar Hukum 23(2): 237–429.

Purnama, Sang Gede. 2015. “Panduan Focus Group Discussion ( FGD ) Dan Penerapannya.” Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana: 1–15.

Renyowijoyo, Muindro. 2012. Jakarta: Salemba Empat. Akuntansi Sektor Publik Organisasi Nir Laba.

Riska Chyntia Dewi, and Suparno Suparno. 2022. “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.” Jurnal Media Administrasi 7(1): 78–90.

Sugiyono, (2020 :9). 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Bandung.” Metode Penelitian Kualitatif, Bandung.

Susi Natalia. 2017. “Pengaruh Pelaksanaan Good Governance Terhadap Pelayanan Akta Jual Beli Tanah Di Kantor Kecamatan Malalayang Kota Manado.” Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan 2(2).

Suwandono, Agus et al. 2013. The Role of Educators & Students in Building Integrity.

Downloads

Published

2022-10-31