Membangun Jaringan Router Mikrotik Antar RT/RW Menggunakan Power Line Adaptor

Authors

  • Darmansyah Darmansyah STMIK Rosma
  • Anggi Elanda STMIK Rosma
  • Azhiima Noor Jumah STMIK Rosma

Keywords:

Jaringan, Mikrotik, Power Line Adaptor, Power Line Communication (PLC)

Abstract

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi. Karena masih banyak rumah yang tidak dapat terjangkau infrastuktur jaringan sperti sinyal wifi maupun kabel jaringan secara portable sehingga bisa digunakan kapan saja dan di ruangan mana saja. Dengan mengkonfigurasi Router mikrotik serta memberi Ip Address untuk PLC merupakan suatu revolusi yang bertujuan untuk mendukung jaringan komputer dalam skala kecil seperti sebuah jaringan LAN, dan juga memberi kesederhanaan  dalam melakukan pemasangan instalasi untuk menghasilkan jaringan komputer dengan kecepatan tinggi, Saat tetangga rumah tidak dapat mengakses internet ide untuk membangun jaringan ini mucul yaitu Power Line Communication (PLC) selanjutnya disebut PLC, yaitu teknologi yang menggunakan infrastruktur listrik untuk transmisi data. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan jaringan internet bagi rumah yang tidak terjangkau oleh layanan internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Design Science Research (DSR) . Hasil dari penelitian ini adalah komputer berbasis Mikrotik menggunakan Power Line Adaptor yang terhubung menggunakan kabel listrik dapat dilakukan antar rumah, Dengan menggunakan mikrotik yang dietting IP addressnya menggunakan aplikasi Winbox dan menghubungkannya ke Power Line Adaptor yang terhubung ke kabel listrik sehingga dapat mengalirkan jaringan komputer melalui Kabel listrik ke ruangan yang tidak terhubung jaringan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andita, R., Nurul, P., Rachmatullah, P., Akbar, S., Permata, S., & Mulyaningsih, S. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Obat di Apotek Generik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 2(1), 21–26. https://doi.org/10.26418/jp.v2i1.15463

Andrian, R. (2020). Sistem Informasi Tunjangan Kinerja Untuk Menentukan Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri Sipil Menggunakan Metode Design Science Research (Performance Allowance Information System for Determining Additional Civil Servant Income Using the Design Science Res. 2(1), 1–11.

Berger, L. T., Schwager, A., & Escudero-Garzás, J. J. (2013). Power Line Communications for Smart Grid Applications Lars. Journal of Electrical and Computer Engineering. https://doi.org/10.1155/2013/712376

Eka Setya Wijaya. (2018). Analisis Perbandingan Kinerja Antara Media Kabel Serat Optik Dengan Kabel Tembaga Pada Router Mikrotik. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 3(2), 77–86. https://doi.org/10.20527/jtiulm.v3i2.31

Firmansyah, R. (2014). Rancang Bangun Jaringan Komputer Dengan Kabel Listrik Sebagai Media Transmisi Untuk Komunikasi Data. Jurnal Informatika, 1(2), 104–110. https://doi.org/10.31311/ji.v1i2.36

Sahid, D., Buana, U. M., & Elektro, M. T. (2017). PROPOSAL PENELITIAN ANALISA KEHANDALAN POWER LINE ETHERNET PADA BUILDING AUTOMATION SYSTEM Mata Kuliah : Metode Penelitian. 55417110031.

Samsumar, L. D., & Hadi, S. (2018). PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER NIRKABEL ( WiFi ) MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTER ( STUDI KASUS PADA SMA PGRI AIKMEL ). Jurnal METHODIKA, 4(1), 1–9.

Setiyani, L., Tjandra, E., & Sumartini, T. (2020). MODELING MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM AT DISDIKPORA KARAWANG SCHOLARSHIP. 2nd International Seminar on Accounting Society “The Impact of Artificial Intelligence on Accounting for Society 5.0, 2(1).

Waidah, D. F., Putra, D. D., & Syarifuddin. (2021). PERENCANAAN SISTEM JARINGAN DAN KOMUNIKASI DATA PT. WIRA PENTA KENCANA. Jurnal TIKAR, 2(2).

Downloads

Published

2021-10-05

Most read articles by the same author(s)