Rancang Bangun Game Kuis Berbasis Android Menggunakan Construct 2

Authors

  • Rahmat Gunawan STMIK Rosma
  • Karya Suhada STMIK Rosma
  • Abdullah Asy’ari STMIK Rosma
  • Darmansyah Darmansyah STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.295

Keywords:

COnstruct 2, Game, Quiz, Teknologi Informasi

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang, salah satunya dalam bidang pembelajaran menggunakan teknologi game. Game yang saat ini banyak diminati, salah satunya adalah game yang berbentuk kuis yang bersifat mendidik untuk anak – anak, remaja, dan orang dewasa. Selain menjadi hiburan game juga dapat memberikan edukasi dan pembelajaran tentang teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi game kuis berbasis android menggunakan construct 2 aplikasi yang pada dasarnya mengunakan html5, yang di desain mengunakan photoshop cs5 dan untuk perancangan antarmuka mengunakan whimsical, untuk memperkenalkan hal hal mendasar yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti hardware, software, database, teknologi jaringan dan komunikasi sistem informasi dan kecerdasan buatan. Penelitian ini melakukan pengembangan yang menghasilkan sebuah produk, yang menggunakan model Game Development Life Cycle (GDLC). Hasil penelitian ini adalah aplikasi yang dapat mempermudah mengenalkan tentang teknologi informasi kepada masyarakat. Aplikasi ini di uji mengunakan metode blackbox yaitu metode yang mengetes fungsi suatu program tanpa harus mengetahui bagian dari programana tersebut dan kami telah mengujinya pada tombol play, about, materi, dan exit dan tombol itu berfungsi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Saputra and A. Rafiqin, “Pembuatan Aplikasi Game Kuis ‘Pontianak Punye’ Berbasis Android,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 5, no. 2, pp. 71–84, 2017.

R. R. Pratama and A. Surahman, “Perancangan Aplikasi Game Fighting 2 Dimensi Dengan Tema Karakter Nusantara Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 234–244, 2021, doi: 10.33365/jatika.v1i2.619.

M. Adiwijaya, K. I. S, and Y. Christyono, “Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” Transient, vol. 4, no. 1, pp. 128–133, 2015.

L. L. Dias, J. Enstein, and G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 27–34, 2021, doi: 10.37792/jukanti.v4i1.233.

N. Elfi Husda and Y. Wangdra, Pengantar Teknologi Informasi. 2016.

M. K. Lila Setiyani, S. T, Pengantar Teknologi Informasi. Karawang: Briliant, 2018.

A. Rafiqin and D. Saputra, “Pembuatan Aplikasi Game Kuis ‘Pontianak Punye’ Berbasis Android,” J. Khatulistiwa Inform., vol. V, no. 2, pp. 71–84, 2017.

S. Wahyu, “SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Penerapan Metode Game Development Life Cycle Pada Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Budi Pekerti,” SKANIKA Sist. Komput. dan Tek. Inform., vol. V, pp. 82–92, 2022.

R. Tri Sakti, “Game Edukasi Pengenalan Tumbuhan Hijau Untuk Sekolah Dasar,” p. 2, 2018.

R. A. Krisdiawan and Rio, “Penerapan Model Pengembangan Game Gdlc (Game Development Life Cycle)Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile,” Teknokom, vol. 2, no. 1, pp. 31–40, 2019.

K. Yuliana, S. Saryani, and N. Azizah, “Perancangan Rekapitulasi Pengiriman Barang Berbasis Web,” J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 1, 2019, doi: 10.38101/sisfotek.v9i1.223.

T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and ..., “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. …, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022, [Online]. Available: http://journal.polita.ac.id/index.php/politati/article/view/110

M. C. Ira Zulfa, ST., “No Title,” jurnal.ugp.ac.id, vol. http://www, no. Vol 1 No 3, p. 15, 2019, [Online]. Available: http://www.jurnal.ugp.ac.id/index.php/jbss/article/view/41

D. P. Y. Ardiana and I. D. G. A. Pandawana, “Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 208, 2017, doi: 10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p07.

T. Halmilton, “blackbox testing,” 2023.

R. Gunawan, T. H. Prastyawan, and Y. Wahyudin, “Rancang Bangun Game Edukasi Perhitungan Dasar Matematika Sekolah Dasar Kelas 3, 4 Dan 5 Mengunakan Construct 2”, interkom, vol. 17, no. 1, pp. 1–15, Apr. 2022.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>