Komputerisasi Akuntansi Simpan Pinjam Dan Kredit Barang Pada Koperasi Guru Dan Karyawan Sma Negeri 2 Cikarang Utara, Berbasis VB.NET

Authors

  • Dedeh Nurlaela STMIK Rosma
  • Hasmizal Hasmizal STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v12i4.14

Keywords:

Koperasi, Simpan Pinjam, Kredit Barang, VB.Net

Abstract

Koperasi Guru dan Karyawan (KGK) SMA Negeri 2 Cikarang Utara merupakan koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam dan kredit barang, Pelayanan simpan pinjam dan kredit barang kepada anggotanya saat ini sudah menggunakan microsoft excel dan belum terintegrasi pada sebuah aplikasi sehingga pelayanan di koperasi tidak maksimal. Tujuan penelitian ini, untuk menyajikan informasi pendaftaran anggota koperasi, prosedur peminjaman simpan pinjam dan kredit barang, prosedur pembayaran simpan pinjam dan kredit barang serta memberikan informasi sisa pinjaman dan kredit pada anggota koperasi. Metode penelitian yang digunakan dengan metode pengumpulan data diantaranya studi kepustakaan, observasi, dan wawancara, kemudian metode perancangan yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model waterfall. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di Koperasi Guru dan Karyawan (KGK) SMA Negeri 2 Cikarang Utara adalah diperlukannya sebuah aplikasi sistem informasi yang berbasis VB.Net guna mendukung kegiatan koperasi khususnya dalam pelayanan pada anggotanya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menyajikan informasi pendaftaran anggota koperasi, peminjaman simpan pinjam dan kredit barang di Koperasi Guru dan Karyawan (KGK) SMA Negeri 2 Cikarang Utara yang tadinya dilakukan dengan tulis tangan pada buku besar, namun dengan adanya aplikasi ini tidak diperlukan kembali dan terdapatnya database serta terintegrasi pada aplikasi VB.Net.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta. Andi.

Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Azhar Susanto. 2013. Sistem Informasi

Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

Burhanuddin. 2010. Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Dewi Oktarita Sari, Kusrini. 2011. Perancangan Sistem Informasi Keuangan Pada Koperasi Simpan Pinjam Dasa Wisma Gunungkrambil Rt 01 Gunungkidul. JURNAL ISSN: 1411-3201. Vol. 12 Nomor 3.

Gordon B. Davis, 2012. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, PT Pustaka Binamas Pressindo, Jakarta.

Hadi dan Fami. 2010. Pengantar Manajemen Perkreditan. Bandung. Alfabeta.

Hall, James A, 2013. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Ketiga. Jakarta. Salemba Empat.

Harrison, Walter. T. Jr. et.al. 2012. Akuntansi Keuangan: International Financial

Reporting Standars. Penerjemah Gina Gania. Jakarta: Erlangga.

Hartono, Bambang. 2011. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta. Rineka Cipta.

Ismail. 2010. Akuntansi Bank. Jakarta. Penerbit Kencana.

Jogiyanto 2010 Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi Offset.

Jogiyanto, Hartono. 2011. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi III. Yogyakarta. ANDI.

Kadir, Abdul. 2012. Pemograman Database Dengan Delphi 7 Menggunakan Access dan ADO. Yogyakarta. Andi.

Leong. Marlon. 2010. Pengantar Sistem Informasi.Yogyakarta. Graha Ilmu. Oktavian. Diar Puji. 2010. Menjadi Programmer Jempolan Menggunakan PHP. Yogyakarta: Penerbit MediaKom Romney, Marshall B., dan Steinbart, paul J. 2012. Accounting Information Systems. Global Edition. Twelfth Edition. England: Pearson Education Limited.

Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi. Erlangga Jakarta.

Sibero, C Ivan. 2010. Membuat Game 2D Menggunakan Game Maker. Yogyakarta. MediaKom.

Sudarwanto. Adenk. 2013. Akuntansi koperasi .

Graha Ilmu. Y ogyakarta.

Supriyatna, Adi. 2014. Sistem Informasi Pinjaman Dana Dan Pembelian Barang Secara Kredit Berbasis Web. Jurnal Paradigma vol XVI Nomor.2 Sutabri. Tata. 2012. Sistem Informasi Manajemen, Penerbit Andi. Yogyakarta. Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta. Andi.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara. Widya.woro. 2010. Aplikasi pemograman web dinamis dengan phpdam MySql. Yogyakarta. GavaMedias.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi.

Yogyakarta. Graha Ilmu.

Zaliluddin, Dadan. 2016. Sistem Informasi Simpan Pinjam Koperasi BMT Baburahman dengan Menggunakan

Visual Basic. Infotech Journal ISSN : 2460-1861. Vol 2, Nomor 1.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 27 tahun 2007 tentang Akuntansi Perkoperasian)

Downloads

Published

2018-01-30

How to Cite

[1]
D. Nurlaela and H. Hasmizal, “Komputerisasi Akuntansi Simpan Pinjam Dan Kredit Barang Pada Koperasi Guru Dan Karyawan Sma Negeri 2 Cikarang Utara, Berbasis VB.NET”, interkom, vol. 12, no. 4, pp. 14–23, Jan. 2018.