Analisis Kualitas Aplikasi Jurnal.Id Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: PT. Wahana Sakti)

Authors

  • Thio Viedya Susanto STMIK Rosma
  • Yudiana Yudiana STMIK Rosma
  • Lila Setiyani STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v16i4.170

Keywords:

Aplikasi Jurnal.id, Kualitas Sistem, Webqual

Abstract

Aplikasi Jurnal.id adalah pengelolaan keuangan berbasis web yang menjadi salah satu sumber utama dalam pencatatan transaksi keuangan PT. Wahana Sakti. Dalam aplikasi Jurnal.id terdapat beberapa data yang dikelola diantaranya data penjualan, biaya, pembelian, produk, buku besar, laporan laba rugi, arus kas, dan masih banyak data lainnya yang terdapat pada aplikasi Jurnal.id. Data atau informasi yang dihasilkan, dipengaruhi oleh kualitas dari aplikasi Jurnal.id itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kualitas aplikasi Jurnal.id menggunakan metode Webqual 4.0 di PT. Wahana Sakti. Peenelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kemudahan pengguna (usability), kualitas informasi (information quality) dan kualitas layanan interaksi (service interaction quality) pada aplikasi Jurnal.id sudah sangat baik dirasakan oleh pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. & R. Novita, “Pengembangan Modul Akuntansi Berorientasi Kontekstual Pada Materi Mencatat Transaksi Ke Jurnal Umum Perusahaan Jasa,” J. Umum Perusah. Jasa, pp. 1–7, 2014.

S. Hartini, “Metode Webqual pada Analisis Layanan Website PPBD Online Kabupaten Bekasi,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 1, no. 1, pp. 35–41, 2016.

N. Qotrun and S. Wibowo, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik,” J. Inform. Upgris, vol. 1, no. 1, pp. 122–131, 2016.

I. Sanjaya, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo dengan menggunakan Webqual 4.0,” J. Penelit. IPTEK-KOM, vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2012.

W. Sastika, “Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian pada Website e-commerce Traveloka,” Sentika, vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.

R. A. Kurniawati, A. Kusyanti, and Y. T. Mursityo, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., 2018.

B. A. R. Tulodo and A. Solichin, “Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulnes Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.),” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1, pp. 27–43, 2019, doi: doi.org/10.21009/JRMSI.010.1.02.

L. Setiyani, J. Wagiar, E. Tjandra, S. Tinggi, and M. Informatika, “WILAYAH BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN KUTAWALUYA MENGGUNAKAN MODEL WEBQUAL 4 . 0,” vol. 15, no. 2, pp. 12–20, 2020.

F. A. Pamungkas, “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi,” vol. 1, p. 21, 2017.

R. Wahyudi and E. S. A. Riyadi, “PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI DAN PELAYANAN SIAKAD TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 23, no. 2, pp. 28–39, 2015.

A. P. Kurniawan, “Pengukuran Kualitas Website Universitas Telkom Menggunakan Metode WebQual 4.0,” Inst. Teknol. Telkom Purwokerto, pp. 1–5, 2018.

C. Irawan, “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir),” Sriwij. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, 2012.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

[1]
T. V. Susanto, Y. Yudiana, and L. Setiyani, “Analisis Kualitas Aplikasi Jurnal.Id Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: PT. Wahana Sakti)”, interkom, vol. 16, no. 4, pp. 142–152, Jan. 2022.

Most read articles by the same author(s)