Penentuan Bonus Tahunan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique

Authors

  • Karolina Sitorus STMIK HOrizon Karawang
  • Dedih Dedih STMIK Horizon Karawang
  • Arif Budimansyah Purba STMIK HOrizon Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v16i4.193

Keywords:

Sistem Penunjang Keputsan, Bonus, Metode SMART

Abstract

Dalam sebuah organiasi atau perusahan karyawan merupakan elemen yang paling utama. Oleh karena itu banyak sekali perusahaan yang memberikan apresiasi atau penghargaan pada karyawannya, ini bertujuan untuk memotivasi karyawan supaya dapat meningkatkan prestasi kerjanya. Pemberian bonus adalah suatu hak perusahaan untuk mengapresiasi prestasi karyawan dalam mengabdikan diri pada perusahaan. Bonus tahunan  dapat diberikan perusahaan kepada karyawan karena perusahaan sudah dapat keuntungan.pemberian ini bisa berupa uang tunai yang dihitung dari persentase gaji pokok.  PT Graha Bumi Hijau merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi tissu. Dimana tiap tahunnya PT Graha Bumi Hijau memberikan bonus tahunan kepada tiap karyawannya, bonus ini dimanakan Key Performance Indicators (KPI). dalam perusahaan ini, ada 13 kriteria yang sudah ditetapkan yaitu disiplin kerja, tanggung jawab, inisiatif, kreatifitas, kemampuan mempertimbangkan dan mengambil keputusan, kemampuan adaptasi, sikap terhadap atasan, kesan dari tingkah laku, kecakapan motoris, kondisi fisik, jumlah pekerjaan yang dihasilkan dan mutu hasil kerja yang dihasilkan. Tetapi dalam penentuan bonus tahunan karyawan ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data hasil pencapaian karyawan tersebut, cara ini membutuhkan waktu yang kurang efektif, sehingga kemungkinan kesalahan dalam hasil akhir dari penentuan bonus tahunan tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Oleh karena permasalahan itu maka dibuatlah satu sistem penunjang keputusan yang mempermudah pimpinan dalam perhitungan bonus tersebut dengan menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Dan hasil dari penelitian ini terciptanya suatu aplikasi sistem penunjang keputusan bonus tahunan dengan menggunakan metode SMART dinilai berdasarkan 13 kriteria

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fisabilillah and D. A. Irawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan Pada Karyawan Dengan Metode Fuzzy-Topsis,” Pros. Semin. Inform. Apl. Polinema 2015, pp. 157–161, 2015.

Y. Charolina, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk MenentukanPemberian Bonus Tahunan Menggunakan Metode Fuzzy Logic Tipe Mamdani,” J. Teknol. Inf., vol. 12, pp. 42–53, 2016.

M. S. Prof. Dr. H. Edy Sutrisno, Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Kencana, 2009.

E. Turban, J. E. Aronson, and T. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7th ed. New Delhi: Prentice Hall Of India, 2005.

H. Priatna, J. Mulyana, T. Informatika, and T. Informatika, “Perbandingan Metode Smart Dan Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Menentukan Karyawan Tetap Berbasis Web,” UNSIKA Syntax J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 53–85, 2016.

B. T. S. Hutagalung Elida Tuti; Lubis, Juanda Hakim, “Penerapan Metode SMART dalam Seleksi Penerima Bantuan Sosial Warga Masyarakat Terdampak COVID-19,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. Vol 5, No 1 (2021): MIB Januari 2021, pp. 170–185, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2618.

G. Ramadhan Pangaribuan, A. Perdana Windarto, W. Prima Mustika, and A. Wanto, “Sistem Pendukung keputusan Pemilihan Jenis Sapi bagi Peternak Sapi Potong dengan Metode Smart,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 6341, no. April, 2019.

“Kamus Besar Bahasa Indonesia.” 2022, [Online]. Available: https://kbbi.web.id/bonus.

Mentri Tenaga Kerja Republik Indonesia, “Se-07/Men/1990 Tentang Pengelompokan Upah,” 1990.

R. of I. MInistry of Manpower, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2015.” Jakarta, 2015.

M. I. Ukkas, H. Pratiwi, and D. Purnamasari, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Supplier Bahan Bangunan Menggunakan Metode Smart (Simple Multi Attribute Rating Technique) Pada Toko Bintang Keramik Jaya,” Sebatik, vol. 16, no. 1, pp. 34–43, 2016, doi: 10.46984/sebatik.v16i1.73.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

[1]
K. . Sitorus, D. Dedih, and A. B. . Purba, “Penentuan Bonus Tahunan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique”, interkom, vol. 16, no. 4, pp. 163–170, Jan. 2022.

Most read articles by the same author(s)