Rancang Bangun Sistem Informasi It Helpdesk Berbasis Web Pada Pt Dai Nippon Printing (Dnp) Indonesia

Authors

  • Yoga Fauzi Rizkiana STMIK Rosma
  • Dudi Awalludin STMIK Rosma
  • Rini Malfiany STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v17i1.200

Keywords:

Helpdesk, Entry Data Processing, Web, PHP, MySQL

Abstract

PT Dai Nippon Printing  (DNP) Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang percetakan Offset dan Gravure, salah satu departement yang berhubungan dengan Information Technologi (IT) adalah Departement Entry Data Processing (EDP), yang bertugas untuk menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan IT. Departement EDP belum memiliki data kerusakan yang terjadi pada komputer dan jaringan di perusahaan. Permasalahan lain yang timbul adalah laporan mengenai data kerusakan dan data perbaikan komputer dan jaringan yang masih dilakukan secara manual, sehingga apabila pihak manajemen menanyakan informasi mengenai data kerusakan dan data perbaikan komputer dan jaringan harus melakukan cross check satu per-satu files yang ada, hal ini tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem helpdesk untuk membantu pengguna komputer dalam pelaporan ke Departement EDP ketika ada kerusakan atau masalah pada komputer dan jaringan, serta sebagai arsip data kerusakan yang ditangani oleh Departement EDP.Secara garis besar sistem ini terdiri dari proses pencatatan keluhan helpdesk, informasi status helpdesk, informasi penyelesaian keluhan helpdesk, serta laporan helpdesk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode System Development Life Cycle (SDLC)  dan pengembangan sistem menggunakan model Waterfall. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, dengan adanya sistem helpdesk berbasis web ini diharapkan dapat membantu pihak user dalam pelaporan kerusakan dan pihak EDP dalam penanganan masalah kerusakan komputer, serta pembuatan report.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. r. Benedictus, H. F. Wowor, and A. Sambul, “Rancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, p. 2, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16557.

Aeni Hidayah and Z. Bey Fananie, “Rancang Bangun Helpdesk Ticketing System (Studi Kasus: Pt. Primus Indojaya),” Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, 2012.

S. K. Iwan Purwanto, “Desain Sistem Helpdesk Troubleshooting Hardware dan Software Online,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. (SNATI 2011), vol. 2011, no. Snati, 2011.

T. Kurniawan, “Pengembangan aplikasi helpdesk pada pt. jict (jakarta international container terminal),” Pengemb. Apl. Help. Pada Pt. Jict (Jakarta Int. Contain. Termin., 2011.

R. Mudhar, “Pembangunan Sistem Informasi Helpdesk Ticketing System Menggunakan Django Framework ( Studi Kasus : SMK Saradan ),” Jur. Sist. Komput. Univ. Diponegoro, vol. 1, 2015.

E. Rosanti, D. Awalludin, and Y. Rostiani, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pengisian Frs Online Berbasis Web Pada Stmik Rosma Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, p. 52, 2021, doi: 10.35969/interkom.v15i3.107.

J. W. Satzinger, R. B. Jackson, and S. D. Burd, System Analysis and Desing in Changing World, vol. 6, no. 3. 2012.

Yaqub, Pengantar Sistem Informasi. Yugyakarta: Graha Ilmu, 2012.

G eorge M. Marakas J ames A. O’Brien, Introduction To Information Systems Sixteenth edition. New York: McGraw-Hill, 2010.

P. Irawan, D. A. P. Prasetya, and P. Sokibi, “Rancang Bangun Sistem Pengarsipan Surat Kedinasan Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, 2020.

A. Muhtadibillah, “Perancangan sistem informasi helpdesk dengan konsep gamification berbasis web,” Univ. Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2019.

D. Chaffey and T. Hemphill, “Digital Business and E-commerce management,” Pearson Education Limited, vol. 410, no. 1. 2019.

Rosa dan Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstrukur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika Bandung, 2016.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

[1]
Y. F. . Rizkiana, D. . Awalludin, and R. . Malfiany, “Rancang Bangun Sistem Informasi It Helpdesk Berbasis Web Pada Pt Dai Nippon Printing (Dnp) Indonesia”, interkom, vol. 17, no. 1, pp. 46–55, Apr. 2022.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>