Realizing Business Value Of Information Technology Investation Using Val It Framework Domain Invesment Management

Authors

  • Lila Setiyani STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v13i4.39

Keywords:

Information Technology Invesment, Framework Val IT, investment management

Abstract

Revolusi Industri 4.0, mendorong instansi pemerintah untuk lebih bijak dalam mengelola investasi. Investasi Teknologi Informasi adalah salah satu dari banyak investasi yang dilakukan untuk mendukung digitalisasi. Jika suatu lembaga tidak pintar dalam mengalokasikan dana investasi Teknologi Informasi, itu akan menghasilkan pemborosan dana, karena investasi Teknologi Informasi tidak memiliki efek langsung, dibutuhkan waktu untuk implementasi sehingga implikasinya tidak seperti investasi di bidang seperti bangunan atau fasilitas lain. Oleh karena itu, agar suatu lembaga dapat mengatur investasi Teknologi Informasi, suatu lembaga harus dapat melakukan manajemen investasi. Dalam audit sistem informasi, diketahui bahwa kerangka kerja IT Val mencakup domain manajemen investasi yang berfungsi untuk menganalisis optimalisasi program investasi Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan optimalisasi investasi Teknologi Informasi di lembaga pemerintah. Dengan mengukur perubahan dalam investasi manajemen, lembaga pemerintah dapat membuat perbaikan strategi dalam mencapai tujuannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Frank K Reilly, A. K. (2003). Invesment Analysis & Portofolio Management” Seventh Edition. USA: Shout Western a division of Thomson Learning Ohio.

Indrajit. (2002). Model Analisa Manfaat dan Biaya Investasi Teknologi Informasi.

ITGI. (2006). Enterprise Value : Governance of IT Invesment. The United States of America: IT Governance Institute.

Jogiyanto, H. (2001). Analisis & Disain Sitem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI Offset.

John Throp, C. (2006). The Val IT Story. ISACA Journal.

Kamarudin, A. (2004). Dasar-dasar Mangemen Investasi dan Portofolio Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta Badan Pengawas Pasar Modal.

Komalasari, R. (2014). Kerangka Kerja Val IT 2.0 Sebagai Alat Pengukuran Investasi Teknologi Informasi. Vol. 1 No. 1.

Sarah Harries, P. H. (2008). Five Step to Introducing Val IT: Applying ValIT to Introduce or Improve Value Management in an Enterprise. ISACA Journal.

Widjajanta, d. (2009). Mengasah Kemampuan Ekonom. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2019-01-30

How to Cite

[1]
L. Setiyani, “Realizing Business Value Of Information Technology Investation Using Val It Framework Domain Invesment Management”, interkom, vol. 13, no. 4, pp. 18–23, Jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)