PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MEMBERSHIP BERBASIS WEB PADA TOKO MURAH HATI KOSAMBI

Authors

  • Rini Malfiany STMIK Rosma
  • Meinarti Meinarti STMIK Rosma
  • Karen Natalie Setiawan STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v20i3.493

Keywords:

konsumen, keanggotaan, website, BPMN

Abstract

Toko Murah Hati bergerak di bidang penjualan berbagai produk, termasuk pakaian anak, seragam sekolah, alat tulis, dan perlengkapan ibu melahirkan, dengan dua cabang di Karawang. Sistem penjualan di Toko Murah Hati Kosambi masih konvensional, meskipun pemesanan online melalui WhatsApp sudah tersedia. Toko ini juga menerapkan sistem poin member, di mana poin hanya dapat dilihat di struk pembelanjaan, yang berisiko hilang dan menyebabkan kekecewaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem website member yang akan menghubungkan informasi penjualan, memudahkan belanja, mengurangi biaya, menghemat waktu, dan memungkinkan pelanggan memantau poin mereka secara online. Metode penelitian menggunakan pendekatan Business Process Modelling Notation (BPMN) dengan software Bizagi, berdasarkan studi literatur dan observasi langsung di toko. Data yang dikumpulkan dianalisis dan diuraikan dalam bentuk diagram BPMN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendataan member pelanggan belum tersusun dengan baik dan sistem input data masih manual. Implementasi sistem website member diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan Toko Murah Hati

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Muttaqin and A. W. Utami, “Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Model and Notation (BPMN) Pada Produksi Shuttlecock,” Jeisbi J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 04, no. 01, pp. 26–31, 2023.

T. Lestari, “Konsep Konsumen,” Univ. Medan Area, no. 2001, pp. 10–28, 2017.

M. L. Tuela, “Upaya hukum perlindungan konsumen terhadap barang yang diperdagangkan,” Lex Priv., vol. 2, no. 3, pp. 56–70, 2014.

D. R. Prasetyo, “Apakah Membership Bisa Membuat Konsumen Loyal Terhadap Suatu Perusahaan Universitas Ma Chung Malang,” Hosp. Dan Manaj. Jasa, vol. 12, no. 1, pp. 98–104, 2019.

F. Fandi Dwi Imaniawan, U. Maelani Elsa, S. Nusa Mandiri Jakarta, and A. BSI Purwokerto, “Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Web Pada Vegas Hyper Purwokerto,” IJSE-Indonesian J. Softw. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 82–91, 2017, doi: 10.31294/ijse.v3i2.3000.

J. Aliyah, Jumirah, and J. Qifli Ilhamdi, “Perancangan Sistem Informasi Radio Straming Suara Sabalong Samalewa Berbasis Web Pada Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Kabupaten Sumbawa,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 285–293, 2021, doi: 10.51401/jinteks.v3i1.981.

R. Surya Darmawan, Mr. Hafiz, K. Wahyu Juniarta, and A. Angga Nata, “Makalah BPMN BUSSINESS PROCESS MODELLING NOTATION,” p. 3, 2019. [16] F. M. Firanda, S. Milwandhari, and V. Putratama, “Sistem Informasi Perjalanan Dinas Berbasis Web (Studi Kasus : DPRD Kabupaten Garut),” J. Ilm. Manaj. Inform. – Politek. Pos Indones., vol. 13, no. 1, pp. 15–20, 2021.

F. M. Firanda, S. Milwandhari, and V. Putratama, “Sistem Informasi Perjalanan Dinas Berbasis Web (Studi Kasus : DPRD Kabupaten Garut),” J. Ilm. Manaj. Inform. – Politek. Pos Indones., vol. 13, no. 1, pp. 15–20, 2021

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

[1]
R. Malfiany, M. Meinarti, and K. N. Setiawan, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MEMBERSHIP BERBASIS WEB PADA TOKO MURAH HATI KOSAMBI”, interkom, vol. 20, no. 3, pp. 1–9, Aug. 2025.

Most read articles by the same author(s)